Lausanne (ANTARA) - Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menganugerahkan penghargaan Olympic Cup 2021 kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dengan penghargaan Olympic Order diberikan kepada Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, di Lausanne, Swiss, pada Selasa (20/6).

Bantuan WHO sangat penting untuk pelaksanan Olimpiade Olimpiade Tokyo 2020 dan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Tanpa bantuan dari WHO, tidak mungkin dapat diselenggarakan dengan cara yang aman dan terjamin bagi semua peserta, kata Bach setelah upacara pemberian penghargaan di Olympic House.

Bach menyebut Ghebreyesus sebagai "saudara" karena bantuan dan saran yang diberikannya selama pandemi COVID-19 saat menyelenggarakan Olimpiade di Tokyo pada 2021.

"Janji Anda datang berbulan-bulan sebelum upacara pembukaan, ketika tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana situasi akhirnya akan berkembang. Saya pikir hari ini saya dapat mengungkapkan bahwa dukungan kuat Anda disambut dengan skeptisisme besar dan bahkan dengan penolakan internal di WHO. Sejak saat itu, saya tahu bahwa Gerakan Olimpiade (Olympic Movement) dapat memercayai Anda. Saya tahu bahwa di dalam diri Anda, saya menemukan saudara sejati," kata Bach.

Menanggapi penghargaan yang diraihnya, Dirjen WHO itu menyampaikan terima kasih khususnya kepada tim WHO di Jenewa, yang sangat mendukung komite penyelenggara Olimpiade Tokyo dan Beijing untuk menggelar Olimpiade yang aman dan sukses di tengah pandemi COVID-19.

Kedua penghargaan ini mencerminkan komitmen WHO untuk menjadikan olahraga lebih sehat dan aman, katanya

IOC dan WHO menjalin kemitraan sejak 1984, dan kedua organisasi itu menandatangani perjanjian kerja sama baru pada Mei 2020.

Pada 2022, sebuah program kerja sama antara IOC dan WHO ditandatangani, dan kolaborasi tersebut menghasilkan sejumlah inisiatif dan program untuk komunitas yang lebih sehat melalui olahraga.

Gerakan terbaru dari kolaborasi tersebut adalah kampanye Let's Move untuk Hari Olimpiade tahun ini.

Penghargaan Olympic Cup diciptakan pada 1906 oleh pendiri IOC Pierre de Coubertin. Olympic Cup adalah penghargaan tertinggi untuk sebuah organisasi dengan riwayat terbukti dalam hal mendukung cita-cita Gerakan Olimpiade.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023