promosi, dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di daerah menuju Indonesia Emas
Bukittinggi,- (ANTARA) -
Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menerima penghargaan tingkat nasional pada ajang City Sanitation Summit (CSS) XXI 2023 di Kabupaten Bandung sekaligus menjadi narasumber dalam sharing session kepala daerah se-Indonesia.
 
"Alhamdulillah dua penghargaan itu adalah penghargaan Smart Sanitation Award (SSA) dan penghargaan Award Sanitasi Sekolah 2023 dengan indeks sanitasi dasar tertinggi dan terbaik," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Bukittinggi, Sabtu.
 
Ia menyebutkan Agenda City Sanitation Summit (CSS) XXI tahun 2023 dilaksanakan beberapa hari lalu oleh Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi Indonesia (AKKOPSI) dengan kegiatan antara lain seminar nasional, pemberdayaan masyarakat sanitasi dan sharing session.
 
"Kegiatan diikuti kepala daerah dan mitra pemberdayaan sanitasi, site visit TPS3R, IPAL/IPLT dan Rumah sakit serta dilakukan penyerahan piala Smart Sanitation Award (SSA) serta piala sanitasi sekolah," kata Erman.

Baca juga: Kemenko PMK: Sanitasi yang aman berpengaruh turunkan stunting
Baca juga: Disparbud Kabupaten Bandung yakin CSS meningkatkan kunjungan wisatawan
 
Pada kegiatan tersebut Wali Kota Bukittinggi diminta menjadi narasumber dalam sharing session kepala daerah dan sekaligus menerima penghargaan award sanitasi sekolah 2023 dari daerah terpilih seluruh Indonesia.
 
"City Sanitation Summit merupakan ajang pertemuan untuk bertukar pengalaman, pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi dan selanjutnya membangun kemitraan serta mendorong upaya advokasi, promosi, dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di daerah menuju Indonesia Emas di tahun 2045," kata Erman.
 
Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama seluruh pihak untuk hasil terbaik bagi Kota Bukittinggi.
 
Ia mempersembahkan penghargaan itu untuk kota dan masyarakat Bukittinggi dan dapat pula menjadi motivasi bagi Pemkot untuk lebih berbenah dalam menata sanitasi kota dan juga sanitasi sekolah sehingga sejak dini masyarakat sudah dibiasakan dengan pola hidup bersih dan sehat.
 
"Kenapa kami titik beratkan ke sekolah, karena sekolah menjadi tempat awal masyarakat kita diajarkan tentang segala hal termasuk kebersihan sehingga para pelajar kita sudah terbiasa hidup disiplin, bersih dan sehat. Kalau dari sekolah bisa diajarkan hidup bersih tentu masyarakat ke depannya akan terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat itu," jelasnya.
 
Penghargaan SSA diraih oleh Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kota Depok, Kota Malang, dan Kota Banjarmasin.
 
Penghargaan itu diberikan berdasarkan sejumlah penilaian seperti akses air bersih, jamban bersih dan lainnya.
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023