Beijing (ANTARA) - Pasar konsumen China diperkirakan akan mempertahankan ekspansi yang stabil pada kuartal kedua (Q2) tahun ini, demikian disampaikan Kementerian Perdagangan (Kemendag) China pada Kamis (15/6).

Menjelang Festival Perahu Naga dan liburan musim panas yang semakin dekat, permintaan konsumen untuk belanja liburan, rekreasi, dan pariwisata akan semakin meningkat, kata Juru Bicara Kemendag China Shu Jueting dalam sebuah konferensi pers.

Kementerian tersebut akan menyusun langkah-langkah prokonsumsi untuk berbagai sektor termasuk perabot rumah tangga dan katering, ujar Shu.

Sambil menyelenggarakan berbagai kegiatan di seluruh negeri untuk meningkatkan belanja konsumen, Kemendag China juga akan melanjutkan upayanya untuk membangun sejumlah kota menjadi "pusat-pusat konsumsi internasional," ungkap juru bicara tersebut.

Pasar konsumen China tetap berada di jalur pemulihan, dengan data dari Biro Statistik Nasional negara tersebut menunjukkan bahwa penjualan retail barang-barang konsumen meningkat 9,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada periode Januari-Mei 2023.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023