... ditunggu saja... "
Jakarta (ANTARA News) - Staf Khusus Presiden, Firmanzah, mengatakan, nama-nama calon gubernur Bank Indonesia akan diserahkan Presiden Susilo Yudhoyono kepada DPR sekitar pekan ini. "Dalam minggu ini, ditunggu saja," kata dia di Jakarta, Senin. 

Firmansah menolak memberi "bocoran" nama-nama yang dijagokan Yudhoyono itu. "Ditunggu saja ya," katanya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, akan menyelesaikan masa jabatannya pada 22 Mei 2013 ini. Sesuai dengan ketentuan perundangan, presiden harus mengirimkan nama calonnya ke DPR paling lambat tiga bulan sebelumnya.

Sebelumnya, anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar, Harray Azis, menyatakan, batas waktu pengiriman surat nama calon gubernur BI jatuh pada 22 Februari. Setelah tiga nama calon itu diberikan kepada DPR, para wakil rakyat ini akan menggelar sidang paripurna. 

"Kemudian dibawa ke Badan Musyawarah DPR Dari situ, barulah hak memutuskan ada di Komisi XI. Proses dan prosedurnya seperti itu," kata dia.

Selain Nasution, DPR juga akan menentukan pengganti Budi Mulya yang kosong. Sudah ada dua calon penggantinya, yakni Perry Wardjiyo dan Hendar. "Kami akan pilih salah satu di antara mereka," katanya.

Ia mengatakan, DPR akan menentukan pengganti Mulya pada 11 Maret mendatang. Caranya, dengan melakukan musyawarah apakah bisa terjadi mufakat, atau voting.

Pengamat ekonomi, Mirza Adityaswara, secara terpisah menyatakan, Nasution berpeluang kembali memimpin BI kedua kalinya karena dipandang berbagai kalangan telah bekerja bagus dan masih diperlukan meningkatkan perekonomian Indonesia.

(M041/R010)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013