Tahun 2013 akan menjadi tahun yang baik dalam hal ekonomi,"
Berlin (ANTARA News) - Tahun ini akan menjadi tahun yang baik bagi industri Jerman, berkat prospek ekspor yang lebih cerah dan stabilisasi dalam investasi perusahaan serta perekrutan pekerja, salah satu organisasi bisnis terkemuka mengatakan pada Selasa.

"Tahun 2013 akan menjadi tahun yang baik dalam hal ekonomi," kata Ketua Federasi Kamar Dagang dan Industri DIHK Martin Wansleben.

"Harapan perusahaan cerah, terutama yang berkaitan dengan ekspor. Rencana investasi dan perekrutan pekerja mereka mulai stabil," katanya, ketika menyajikan hasil survei ekonomi setengah tahunan DIHK.

Berdasarkan hasil jajak pendapat, yang menanyai total 28.000 pengusaha di seluruh negeri itu, DIHK mengatakan pihaknya memproyeksikan produk domestik bruto (PDB) tumbuh sebesar 0,7 persen tahun ini, tingkat pertumbuhan yang sama seperti tahun lalu.

Angka itu lebih optimis daripada pemerintah Jerman yang memperkirakan pertumbuhan 0,4 persen pada 2013.

"Sementara perusahaan-perusahaan masih belum sepenuhnya terbebas dari ketidakpastian mereka, krisis utang tidak seberat seperti yang mereka perkirakan," kata Wansleben.

"Pastinya tidak akan ada lompatan besar dalam pertumbuhan. Tetapi harapan perusahaan menunjukkan bahwa perekonomian akan mengumpulkan momentum sebagai tahun kemajuan," katanya.

Jerman telah bernasib jauh lebih baik daripada tetangga-tetangganya di Eropa yang dilanda krisis utang, sebagian berkat reformasi ekonomi yang mendalam dan menyakitkan yang dilakukan beberapa tahun lalu.

Tetapi dengan ketergantungannya yang besar pada ekspor, Jerman tidak sepenuhnya lolos tanpa cedera dan secara keseluruhan pertumbuhan ekonominya melambat menjadi hanya 0,7 persen pada 2012 dari 3,0 persen pada 2011.

Ekspor ditetapkan untuk ekspansi sebesar 4,0 persen tahun ini dibandingkan dengan 4,1 persen pada 2012 dan 7,8 persen pada 2011, DIHK memperkirakan.

Impor diproyeksikan akan meningkat sebesar 4,3 persen setelah tumbuh 2,3 persen pada tahun lalu.

DIHK memperkirakan bahwa jumlah pengangguran masih akan naik sedikit menjadi rata-rata 2,94 juta tahun ini dari 2,9 juta tahun lalu, demikian AFP.

(A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013