Oslo (ANTARA News) - Dana Pensiun Pemerintah Norwegia, pengelola dana kekayaan negara (SWF) terbesar di dunia, Senin, mengatakan pihaknya telah memasuki pasar real estat AS dengan investasi 600 juta euro (448 juta euro) di lima properti perkantoran.

Dana pensiun tersebut membeli 49,9 persen saham di lima gedung perkantoran di Washington DC, New York dan Boston setelah membentuk perusahaan patungan dengan penjual, TIAA-CREF, sebuah dana pensiun, lapor AFP.

Dana pensiun AS akan mempertahankan kepemilikan 50,1 persen dan akan bertanggung jawab untuk mengelola properti, katanya.

"Sebagai pasar real estat terbesar di dunia, AS akan menjadi bagian penting dari portofolio properti jangka panjang dana pensiun," kata Karsten Kallevig, kepala investasi untuk real estat di unit bank sentral Norwegia yang bertanggung jawab untuk mengelola aset-aset dana pensiun.

"Kami pada tahap awal akan berusaha untuk berinvestasi di kota-kota penting pesisir timur," tambahnya.

Dana Pensiun Pemerintah adalah kendaraan investasi utama untuk pendapatan minyak Norwegia dan diperkirakan oleh Institut SWF yang berbasis di AS menjadi pengelola dana kekayaan negara terbesar di dunia.

Nilai asetnya saat ini mencapai sekitar 3.892 miliar kroner (527,2 miliar euro atau 707,4 miliar dolar AS).

Dana pensiun tersebut mengatakan ia ingin real estat mencapai lima persen dari portofolio investasi globalnya di masa depan, dibandingkan dengan hanya 0,3 persen pada akhir September tahun lalu.

Sejak 2011 dana pensiun Norwegia telah melakukan akuisisi di London, Paris, Berlin dan Frankfurt -- semua dari mereka melalui kemitraan dengan investor lainnya. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013