... mereka sempat menyinggung MPA... "
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia kembali membuka peluang kerja sama investasi dengan Jepang. Rombongan pengusaha Jepang hadir dan memberi sinyal tertarik pada pengembangan Metropolitan Prioroty Area (MPA). 

Senin ini, delegasi Kansai Economic Federation (Kankeiren) berkunjung dan menyatakan keinginannya untuk meningkatkan investasi.

"Saya sudah menjelaskan potensi-potensi di Indonesia kepada delegasi Kankeiren terkait proyek-proyek dan Kawasan Industri Karawang yang sedang dipersiapkan untuk investasi Jepang," kata Menteri Perindustrian, MS Hidayat, di Jakarta, Senin.

Hidayat menyatakan, sebanyak 40 orang yang tergabung dalam delegasi tersebut mewakili 1400 perusahaan industri asal Jepang yang diharapkan akan berinvestasi di Indonesia.

"Hingga saat ini masih belum ada pembicaraan spesifik terkait minat mereka berinvestasi di Indonesia, namun mereka sempat menyinggung MPA," kata Hidayat. Jepang menunjukkan minat mengembangkan MPA termasuk dengan melakukan pembangunan infrastrukturnya.

Sementara itu, Chairman Kankeiren, Shosuke Mori, menyatakan, pihaknya berniat meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Jepang. "Indonesia dan Kansai memiliki hubungan ekonomi yang sangat baik dan kuat, kami mengharapkan untuk kedepannya kerja sama bisa ditingkatkan," kata Mori.

Kankeiren merupakan kelompok bisnis yang berbasis industri di wilayah Osaka Jepang, yang dibentuk 1946 dan beranggotakan 1.400 perusahaan. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013