ASTANA, Kazakhstan, 25 Januari 2013 (ANTARA/PRNewswire) --

     Samruk-Kazyna meningkatkan potensi kerja sama dalam implementasi penanaman modal di bidang petrokimia, pembangkit listrik tenaga air dan uap (PLTA dan PLTU), energi terbarukan dan alternatif, serta bidang teknik dan farmasi.  

     Samruk-Kazyna, Dana Kekayaan Berdaulat Kazakhstan didirikan untuk memperbaiki daya saing ekonomi nasional dan mencegah dampak negatif pasar dunia terhadap perkembangan ekonomi dalam negeri. Dan cara utama dalam meraih tujuan tersebut ialah diversifikasi dan pengembangan inovatif ekonomi nasional.

     Untuk melihat Rilis Berita Multimedia, silakan klik : http://www.multivu.com/mnr/58682-kazakhstan-wealth-fund-expands-horizons

     Sampai sekarang, Samruk-Kazyna telah sukses mengadakan program dana talangan (bailout) demi menciptakan iklim investasi yang seimbang. Program bailout tersebut berdampak positif terhadap perusahaan induk yang memiliki hubungan dengan anak-anak perusahaannya dan penanam modal strategis.

     Samruk-Kazyna terdiri lebih dari 500 perusahaan di sektor industri dan produksi, di berbagai bidang vital perekonomian nasional, seperti minyak, gas, pertambangan, kimia, transportasi, komunikasi, listrik, dan perbankan.

     Mengacu kepada hasil tahun lalu, di mana badan penilaian internasional Standard & Poor's telah meningkatkan rating kredit jangka panjang Samyruk-Kazyna dari "BBB" menjadi "BBB +", sebuah perkiraan yang stabil.

     Pemasukan gabungan netto Samruk-Kazyna di tahun 2012 - tidak termasuk bank-bank tingkat menengah - adalah sekitar $4.5 miliar. Pertumbuhan di tahun lalu tercatat hingga 10.6%.

     Saat ini, Samruk-Kazyna menerapkan model bisnis aktif, yang mengimplementasikan kebijakan investasi dan merancang persaingan pasar antar perusahaan. Perusahaan-perusahaan BUMN adalah partisipan yang sukses dalam pasar internasional.

     Samruk-Kazyna berperan penting dalam modernisasi dan diversifikasi ekonomi Kazakhstan; ia secara aktif terlibat dalam pertumbuhan industri di Kazakhstan dengan mengadakan banyak proyek dan perencanaan besar. Total investasi dari Badan Pendanaan Kazakhstan untuk 157 proyek adalah $101 miliar, dan sebanyak 74 proyek sedang dalam tahap penyerapan dana sebesar $54 miliar.  

     Tentunya, proses industrialisasi memerlukan pendanaan jangka-panjang, termasuk pendanaan dari pihak asing.

     Beberapa perusahaan besar Kazakhstan seperti Perusahaan Minyak dan Gas Bumi KazMunayGas dan Perusahaan Atom Kazatomprom yang berada di bawah kendali Samruk-Kazyna, sangat dikenal oleh para penanam modal asing. Kami ingin perusahaan-perusahaan lain menjadi perusahaan yang inovatif agar dapat bersaing secara global.

     Sektor minyak dan gas bumi adalah salah satu potensi terbesar Kazakhstan yang telah dikenal dunia. Sektor ini telah terbuka untuk para investor selama 20 tahun.

     Samruk-Kazyna juga melebarkan sayapnya dengan membuka kesempatan untuk bekerjasama di beberapa sektor lainnya, seperti petrokimia, PLTA, PLTG, energi terbarukan dan energi alternatif, teknik, dan farmasi.

     Kazakhstan merupakan negara yang memiliki kondisi geografis yang menguntungkan dalam menyediakan sektor-sektor bisnis tersebut. Karena terletak di pertengahan antara benua Asia dan Eropa, hal ini memudahkan koneksi terhadap pasar-pasar besar di China, Eropa, Rusia, dan beberapa negara bekas jajahan Rusia. Selain itu, karena letaknya yang sangat strategis, Kazakhstan juga menyediakan jasa transportasi di negara-negara Asia Tengah dan Teluk Persia. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi para investor karena memberi mereka jaminan atas terhubungnya antara pusat produksi dan pusat konsumsi.

     Samruk-Kazyna. Menyongsong masa depan dengan percaya diri!

     "Samruk-Kazyna" JSC        

     http://www.sk.kz

     Sumber: Samruk-Kazyna

     Kontak: Dr. Aidar Makhmetov
     Tel.: +7 (7172) 55 40 99
     Fax: +7 (7172) 55 40 69
     press@s-k.kz

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013