Washington (ANTARA News) - Smithsonian's National Zoo di Washington DC, Amerika Serikat, menghibur orangutan penghuni kebun binatang menggunakan aplikasi iPad selama hawa dingin meliputi daerah timur laut Amerika Serikat pada Januari.

"Saat udara sangat dingin seperti sekarang mereka di dalam, jadi pengayaan dalam ruangan kami berikan," kata penjaga binatang di kebun binatang itu, Erin Stromberg, kepada stasiun radio WTOP.

Penjaga kebun binatang membawa iPad ke kandang orangutan dan memegang tablet itu supaya orangutan bisa memainkan aplikasinya.

"Mereka tidak bisa memegangnya karena mereka tujuh sampai 10 kali lebih kuat dari kita. Mereka bisa memecahkannya," kata Stromberg seperti dikutip RIA Novosti.

Beberapa aktivitas populer yang dilakukan para primata antara lain menggunakan aplikasi musik yang memungkinkan mereka bermain piano, kendang, dan drum.

Mereka juga menikmati permainan dan aplikasi lain yang dirancang untuk anak-anak, kata Stromberg.

"Seperti menangani anak-anak saja. Kalau kau beri mereka sekotak krayon untuk bermain dan itu menghibur mereka sejenak, mereka menyukainya," tambah dia.

Smithsonian's National Zoo mulai berpartisipasi dalam program Apps for Apes tahun lalu. Saat ini ada enam orangutan yang bisa bermain dengan iPad yang disumbangkan melalui program Orangutan Outreach.

(ANT)

Penerjemah: Maryati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013