Beijing (ANTARA) - Administrasi Energi Nasional China pada Jumat (19/5) menyatakan, kapasitas energi bersih terpasang China mencatat peningkatan dalam empat bulan pertama tahun ini.

Hingga akhir April, kapasitas terpasang dari tenaga bayu naik 12,2 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi sekitar 380 juta kilowatt, sedangkan tenaga surya mencapai sekitar 440 juta kilowatt, naik 36,6 persen (yoy).

Kapasitas pembangkit listrik terpasang negara itu mencapai sekitar 2,65 miliar kilowatt, naik 9,7 persen dari satu tahun sebelumnya.

Selama bertahun-tahun, China terus meningkatkan investasinya dalam energi terbarukan sebagai bagian dari upayanya untuk mewujudkan pembangunan hijau.

Selama periode Januari-April, total investasi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan listrik utama negara itu dalam energi surya melonjak 156,3 persen (yoy) menjadi 74,3 miliar yuan (1 yuan = Rp2.125), menurut data tersebut.

China telah mengumumkan targetnya untuk mencapai puncak emisi karbon dioksida pada 2030 dan netralitas karbon pada 2060.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023