• Pepper Advantage adalah penyedia intelijen kredit global. Pepper Advantage mengakuisisi Rieom.ai, platform perangkat lunak penilaian kredit khusus berbasis AI/ML untuk pasar Asia
  • Keuntungan penggerak pertama Rieom.ai di pasar teknologi kredit India yang berpotensi tinggi membuka peluang untuk melayani pasar yang cukup besar di India
  • Akuisisi ini mendukung rencana peluncuran model manajemen kredit berbasis AI di seluruh Asia Tenggara dan Timur Tengah
London & Mumbai (ANTARA/Business Wire)- Pepper Advantage adalah perusahaan intelijen kredit global. Pepper Advantage telah mengakuisisi Rieom.ai, sebuah platform perangkat lunak manajemen kredit spesialis berbasis AI dan berlokasi di Pune, India. Produk andalan Rieom.ai adalah alat persetujuan kredit pembayaran awal prediktif berbasis AI/ML yang menggunakan analisis sosio-demografis dan berbasis profil untuk menilai dokumen permohonan kredit guna mengidentifikasi risiko penipuan dan perilaku mencurigakan lainnya sebelum menyetujui kredit.

Alat ini adalah platform pembelajaran berkelanjutan yang mampu membantu penilaian risiko kredit atas lebih dari 60 jenis dokumen, mulai dari verifikasi ID hingga laporan bank dan tagihan utilitas. Alat berbasis algoritme ini dapat diintegrasikan langsung ke dalam sistem manajemen kredit milik petugas kredit melalui API, sehingga menyediakan platform yang dapat disesuaikan, bersifat holistik, kontekstual, dan berbasis hubungan untuk mengevaluasi pengajuan kredit dan analisis risiko portofolio. Produk ini juga mencakup pemantauan transaksi otomatis dan jauh lebih unggul dibanding proses internal yang bersifat manual dan individual yang biasanya memperlama permohonan kredit di seluruh sektor jasa keuangan di India.

Dengan memanfaatkan arsitektur teknologi modern dan keunggulan penggerak pertama, Rieom.ai telah menyaring hampir 700.000 permohonan dan memroses lebih dari 2,3 juta dokumen. Rieom.ai berharap terus bertumbuh pesat, dan saat ini mampu melayani volume dan berbagai jenis dokumen yang hampir tak terbatas. Karena itu, Pepper Advantage berencana memperluas pasar yang berlaku di India untuk melibatkan perusahaan teknologi keuangan, perusahaan keuangan mikro, bisnis keuangan kecil, bank koperasi, lembaga asuransi dan lembaga pemerintah.

Akuisisi Rieom.ai oleh Pepper Advantage menandakan ekspansi yang agresif ke pasar India dan merupakan indikasi model manajemen kredit berbasis AI yang rencananya akan dihadirkan ke pasar lain seperti Indonesia, Vietnam, dan Timur Tengah dalam waktu dekat. Akuisisi Rieom.ai juga memberikan peluang pengembangan produk yang signifikan karena teknologinya diintegrasikan ke platform teknologi kredit milik Pepper Advantage, yang menawarkan data hak milik dan kemampuan analitik yang dapat menggantikan proses manajemen kredit lama menjadi solusi lengkap yang dapat diakses melalui API.

Kata Fraser Gemmell, Chief Executive Officer Pepper Advantage, mengenai akuisisi tersebut:

Akuisisi Rieom.ai ini dengan cepat memperluas total pasar Pepper Advantage yang tersedia di India, dan memperlihatkan model manajemen kredit berbasis AI yang akan hadir di berbagai negara dengan pertumbuhan tinggi. Akuisisi ini juga meningkatkan rangkaian teknologi mutakhir kami dan memberi kami peluang untuk menambahkan analisis risiko kredit ke platform lebih luas, yang semakin menjadi prioritas di pasar sejak Reserve Bank of India menyoroti merebaknya kasus penipuan dalam laporan tahunan terbarunya. Komitmen kami untuk meningkatkan kemampuan data dan teknologi juga memperluas kumpulan klien Pepper Advantage, mulai dari petugas kredit tradisional di lembaga keuangan hingga sektor pinjaman non bank yang berkembang pesat, yang biasanya lebih bergantung pada penyedia teknologi pihak ketiga yang menawarkan solusi plug-and-play.”

Kata Mukund Kulkarni, CEO Pepper Advantage India:

“Pertumbuhan ekonomi makro di India didorong oleh demografi yang mencengangkan. Sejak bulan lalu, India menjadi negara terpadat di dunia dengan jumlah penduduk diperkirakan mencapai puncaknya sebanyak 1,7 miliar dalam beberapa tahun mendatang, hampir 50% lebih banyak dari jumlah penduduk Tiongkok. Kami perkirakan pasar kredit dan layanan keuangan akan berkembang menurut tren demografis ini, dengan pertumbuhan sistem untuk pinjaman saat ini mencapai 20% tahun per tahun, dan pencairan kredit UMKM dan ritel diharapkan meningkat sebesar 19% per tahun selama sepuluh tahun. Mengingat pertumbuhan ini, penyedia kredit perlu memanfaatkan data dan teknologi kami agar dapat memberikan layanan yang efisien dalam skala besar. Teknologi ini akan mendorong inklusi keuangan pada penduduk India yang berkembang pesat dengan cara menilai kelayakan kredit tanpa skor kredit. Skor kredit bisa menjadi hambatan masuk bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank.”

Selesai

Tentang Pepper Advantage

Pepper Advantage adalah perusahaan intelijen kredit global yang menawarkan berbagai layanan konsultasi dan manajemen kredit serta teknologi di seluruh Asia, Eropa, dan Inggris Raya. Pepper Advantage berkecimpung di berbagai kelas aset seperti hipotek perumahan dan hipotek komersial, real estat, pinjaman UKM, pembiayaan dan sewa guna aset, kredit otomotif dan kredit konsumen, kartu kredit, keuangan ritel dan Buy Now, Pay Later (BNPL), serta menawarkan sejumlah layanan dukungan operasional yang dialihdayakan kepada klien keuangan maupun non keuangan. Perusahaan kami membantu investor, lembaga keuangan, teknologi keuangan, dan bank dalam mengelola portofolio kredit mereka, dan terutama berfokus pada klien yang pelanggannya kurang terlayani oleh pemberi pinjaman konvensional tradisional. Ikuti kami di LinkedIn.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak

Pertanyaan Media
Eterna Partners
Nomor telepon internasional: +44 07503 408 251
Nomor telepon India: +91 9930375219



Sumber: Pepper Advantage



Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023