Haikou (ANTARA) - Daya tarik medis dari sebuah zona medis khusus di Provinsi Pulau Hainan, China selatan, semakin meningkat saat zona itu membidik pembangunan berkualitas tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Rabu (17/5), sejumlah dokter melakukan sebuah operasi terkait pankreas di Rumah Sakit Ruijin-Hainan di Zona Percontohan Pariwisata Medis Internasional Boao Lecheng Hainan menggunakan sistem bedah yang memungkinkan operasi dengan bantuan robot melalui port tunggal.

"Saya pikir operasi ini sangat masuk akal karena akan bermanfaat bagi masyarakat umum dengan menghadirkan lebih banyak keakuratan dalam operasi bedah di masa depan," ujar Shen Baiyong, profesor yang memimpin operasi itu.

Operasi tersebut hanyalah salah satu dari banyak kesuksesan yang tercatat di zona percontohan itu.

Didirikan pada 2013 dengan persetujuan Dewan Negara China, kabinet China, Zona Percontohan Pariwisata Medis Internasional Boao Lecheng Hainan mengembangkan industri terkait pariwisata medis internasional, seperti perawatan medis berlisensi, manajemen kesehatan, rehabilitasi perawatan, kosmetologi medis, dan antipenuaan.

Dengan sejumlah kebijakan yang menguntungkan, zona percontohan tersebut ditujukan untuk "mengumpulkan layanan pariwisata medis lanjutan internasional dan domestik serta berbagai pencapaian ilmiah dan teknologi medis mutakhir internasional, serta menciptakan sebuah wilayah klaster untuk layanan teknologi medis internasional," menurut situs resminya.

Dalam beberapa tahun terakhir, zona percontohan itu menjalin hubungan kerja sama dengan produsen perangkat farmasi dan obat-obatan internasional dari banyak negara dan wilayah.

Zona percontohan tersebut mencatatkan 189.000 perjalanan wisata medis pada 2022, naik 48,5 persen secara tahunan (year on year).

Pada 2020, China merilis sebuah rencana utama untuk membangun seluruh Pulau Hainan menjadi pelabuhan perdagangan bebas tingkat tinggi yang berpengaruh secara global pada pertengahan abad ini.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023