Makassar (ANTARA) - Mantan Menteri Pertanian(Mentan) Andi Amran Sulaiman saat didaulat menjadi pembicara dalam kegiatan Inspiring Lecture di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mengajak mahasiswa untuk menjadi pengusaha.

"Janganlah berfikir kalau setelah lulus mahasiswa, ingin mendaftar jadi PNS. Cita-cita ini mungkin masih menjadi dambaan sebagian orang tua, tapi sekarang menjadi pengusaha lebih keren," ujar Mentan Kabinet Kerja 2014-2019 tersebut di Makassar, Senin

Amran Sulaiman dalam kesempatan itu juga berbagi pengalaman hidup kepada para mahasiswa, bagaimana dirinya bersama 11 saudaranya harus berjuang menjalani hidup yang berkekurangan.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas itu mengaku jika perjuangannya yang tidak mudah saat menjadi mahasiswa dan merintis usahanya.

"Kami dulu jual ikan, jual beras dan bahkan tidur di masjid. Kalau mau sukses hari ini, harus berkeringat dulu, kalau mau gagal silahkan hura-hura,” katanya.

Selain pentingnya tekad yang kuat dalam berwirausaha, Amran Sulaiman juga menekankan bahwa jangan menjadi manusia yang biasa-biasa saja dan selalu berpikir bagaimana kita dapat berpikir dari sudut pandang yang lain sehingga berbeda dengan kebanyakan orang atau out of the box.

Di samping memberikan inspirasi melalui pengalaman hidupnya, alumni Fakultas Pertanian Unhas ini juga berinteraksi langsung dengan sejumlah mahasiswa yang sudah memulai bisnis di bangku kuliah.

Ia juga menyampaikan bahwa dirinya bersedia menjadi mentor dan membuka ruang diskusi kepada mahasiswa Unhas yang ingin serius berwirausaha.

"Seratus atau dua ratus mahasiswa yang serius, saya menyediakan ruang diskusi gratis. Saya ingin ada pengusaha sukses yang lahir di Indonesia Timur," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. drg. Muhammad Ruslin dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini ada 2.045 mahasiswa dan 155 dosen Unhas yang terlibat dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Ia juga memaparkan bahwa sosok Amran Sulaiman merupakan salah satu alumni Unhas yang sangat menginspirasi.

"Beliau pengusaha sukses dengan  Tiran Group, semoga kehadirannya dapat menginspirasi kita semua, khususnya mahasiswa yang hadir,” ujar Prof Ruslin.


Baca juga: BPS sebut makin banyak penduduk Indonesia yang ingin jadi pengusaha
Baca juga: Ingin sukses jadi pengusaha di era digital bukan lagi sekadar impian
Baca juga: Bahlil ajak mahasiswa jadi pengusaha, pangkas angka pengangguran

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023