Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengimbau jajarannya untuk menerapkan gaya hidup sederhana mengingat Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu menjadi perhatian dan sudah seharusnya menjadi panutan bagi masyarakat.

"Saya mengimbau kepada seluruh jajaran pimpinan SKPD/UKPD dan ASN Pemkot Jakarta Barat agar selalu menerapkan gaya hidup sederhana, mengingat kita selalu menjadi pusat perhatian masyarakat," ungkapnya saat apel pagi di halaman kantor wali kota di Jalan Raya Kembangan Nomor 2 pada Senin.

Selain itu sudah seharusnya ASN menjadi panutan bagi masyarakat. "Salah satu cerminan kita adalah gaya hidup," katanya.

Uus Kuswanto menambahkan, terkait dengan gaya hidup sederhana, diingatkan kepada seluruh pegawai agar sama-sama saling mengingatkan.

"Tolong ingatkan keluarga terdekat, anak-istri untuk bijak menggunakan medsos (media sosial). Kalau sampai ada yang menerpa (viral), kita tidak bisa berbuat apa-apa. Saya tidak mau dengar ada berita terkait ini,” tegas Uus.

Baca juga: DKI terbitkan surat edaran ajak ASN hidup sederhana & tak pamer harta
Baca juga: Pemprov DKI siapkan sanksi tegas untuk ASN pamer harta


Sebelumnya, Inspektorat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat memanggil oknum pegawai Dinas Perhubungan berinisial MA karena anak dan istri yang bersangkutan diduga memamerkan gaya hidup mewah (flexing) di media sosial.

Hidayat menjelaskan, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, akan segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim internal yang terdiri dari unsur atasan, unsur pengawasan dan unsur kepegawaian.

Menurut Hidayat, upaya tersebut merupakan wujud nyata bahwa Pemprov DKI Jakarta berkomitmen mencegah praktik-praktik yang bertentangan dengan nilai hukum serta terus menerapkan nilai-nilai integritas dan pola hidup sederhana pada seluruh pegawai Pemprov DKI Jakarta.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023