"Setelah banyak pertimbangan selama tiga bulan, saya menuju pada keputusan yang sangat sulit, yang juga harus dihadapi setiap atlet,"
Goyang, Korsel (ANTARA News) - Atlet Korea Selatan yang dijuluki "Hercules Wanita" Jang Mi-ran ingin mundur dari dunia angkat besi setelah menjalani karir 15 tahun, demikian dikatakannya pada Kamis.

Atlet berusia 29 tahun yang ditemani ayah dan ibunya serta saudara perempuannya ketika memberi keterangan pers itu, menangis saat dia mengatakan selamat tinggal kepada olahraga yang pernah membuatnya mendapat kehormatan dengan empat gelar dunia yang diraihnya, termasuk sukses di Olimpiade dan Asian Games.

"Setelah banyak pertimbangan selama tiga bulan, saya menuju pada keputusan yang sangat sulit, yang juga harus dihadapi setiap atlet," katanya dilansir reuters.

"Saya senang banyak orang memandang positif olahraga angkat besi karena saya," katanya.

Jang meraih sukses ketika dia melengkapi "Grand Slam" dengan meraih gelar Asian Games 2010 di Guangzhou di kelas +75kg, menyusul sukses di Olimpiade Beijing 2008.

Puncaknya ketika dia mencetak rekor dunia dengan angkatan snatch (140kg), clean and jerk (186kg) dan angkatan total (326kg).

Namun usia dan cedera yang dialaminya akhir-akhir ini cukup mengganggunya.

Tahun lalu dia sempat memimpikan meraih medali Olimpiade ketiganya secara beruntun, yang dia pernah raih medali perunggu di Olimpiade Athena pada 2004, namun harapan itu pupus setelah dia hanya berada di urutan keempat.

(A020/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013