Beijing (ANTARA) - China akan terus meningkatkan kualitas airnya dengan menaikkan rasio air permukaan dengan kualitas cukup baik menjadi 85 persen pada 2025, atau naik 1,6 poin persentase dari tahun 2020.

China akan memantau sungai dan danaunya dengan lebih baik, serta meningkatkan alokasi dan pengelolaan sumber daya air di sungai, danau, dan waduk, seperti diuraikan dalam rencana yang dirilis oleh Kementerian Ekologi dan Lingkungan China bersama empat departemen lainnya.

Lebih banyak upaya akan dilakukan untuk mengintensifkan perlindungan, pengawasan, dan pengelolaan daerah-daerah konservasi sumber air utama, menurut rencana tersebut, yang juga menyoroti tentang keanekaragaman hayati perairan dan pengendalian polusi.

Proporsi air permukaan dengan kualitas yang cukup baik, yaitu pada atau di atas Tingkat III dalam sistem penilaian kualitas air lima tingkat negara itu, tercatat di angka 83,4 persen pada 2020, naik 17,4 poin persentase dari tahun 2015, urai buku putih yang dirilis oleh Kantor Informasi Dewan Negara China.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023