Negara kami mampu menjadi kiblat sepak bola dunia
Zurich (ANTARA News) - Negara mana yang kini menyandang predikat sebagai puncak dari sepak bola dunia? Spanyol adalah "raja bola" dunia, kata pelatih berpengalaman Vicente del Bosque sesaat setelah menerima penghargaan sebagai pelatih terbaik Ballon d'Or 2012.

"Spanyol tampil sebagai puncak dari sepak bola sekarang ini. Saya merasa senang karena dua pelatih asal Spanyol berada dalam deretan tiga pelatih top dunia. Negara kami mampu menjadi kiblat sepak bola dunia," katanya.

"Kami berpikir masa depan, Piala Konfederasi dan Piala Dunia," katanya sebagaimana dikutip dari laman Marca.

Del Bosque sukses memimpin Spanyol meraih gelar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan kejuaraan Eropa 2012 di Ukraina dan Polandia. Torehan prestasi itu mengukuhkan kenyataan bahwa kualitas pelatih Spanyol berkelas dunia.

"Di masa lampau, kami belajar banyak hal dari luar negeri, kini kami mampu menyamai rekor mereka. Ini menunjukkan bahwa sepak bola Spanyol mengalami kemajuan luar biasa," katanya.

Ketika ia ditanya soal ketidakhadiran Jose Mourinho dalam acara pemberian penghargaan Ballon d'Or, pelatih asal Spanyol itu menjawab, "Itu keputusan dia pribadi. Ia lebih ingin berkonsentrasi jelang laga pada Rabu ini."
(A024)

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013