Las Vegas (ANTARA News) - Organisasi pendukung perangkat konektor komputer universal serial bus seri terbaru, USB 3.0 Promoter Group, menyebut kecepatan pertukaran data perangkat itu akan mencapai 10 giga bit per detik.

USB 3.0 Promoter Group mengatakan kecepatan akses dua kali lipat dari perangkat USB versi sebelumnya akan tercapai pada pertengahan 2013.

Selain kecepatan, konektor USB 3.0 atau disebut juga SuperSpeed USB itu masih dalam pengembangan untuk mendukung semua sistem operasi komputer yang ada di pasar global.

Spesifikasi yang termasuk pula dalam pengembangan adalah penggunaan energi yang lebih hemat ketika perangkat-perangkat USB 3.0 saling terhubung.

"Kecepatan akses SuperSpeed USB yang mencapai dua kali lipat akan menguntungkan bagi perangkat tambahan (docking) dan aplikasi penyimpanan," kata Pemimpin USB 3.0 Promoter Group Chairman, Brad Saunders.

Jumlah jenis perangkat USB 3.0 yang tersertifikasi di pasar global pada akhir 2012 mencapai lebih dari 720 produk.

Analis Multimedia Research Group, Greg Potter, mengatakan jumlah unit perangkat SuperSpeed USB mencapai 500 juta unit dan akan mencapai 5,8 miliar unit hingga 2016.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013