...mantan juara dunia turnamen U-19 dan U-23 serta menyelesaikan Kejuaraan Dunia 2010 di urutan ketiga.
Jakarta (ANTARA News) - Atlet sepeda gunung asal Afrika Selatan, Burry Stander, tewas ditabrak taxi saat tengah menjalani latihan di Shelly Beach, sebuah kota di Provinsi KwaZulu-Natal pantai timur Afrika Selatan.

Atlet berusia 25 tahun itu menempati posisi kelima pada laganya di Olimpiade London 2012. Ia telah dua kali berpartisipasi di Olimpiade, termasuk di Olimpiade Beijing 2008 saat usianya masih 20 tahun.

Stander juga merupakan mantan juara dunia turnamen U-19 dan U-23 serta menyelesaikan Kejuaraan Dunia 2010 di urutan ketiga.

"Burry layaknya seorang atlet Olimpiade, berbakat dan sangat kompetitif tetapi di satu sisi ia juga sangat ramah dan seorang pria sejati," kata Presiden Komite Olimpiade dan Konfederasi Olahraga Afrika Selatan (SASCOC), Gideon Sam, seperti dikutip dari BBC.

Sprinter Olimpiade dan Paralimpik, Oscar Pistorius, menyampaika duka atas kepergian Standee lewat akun Twitternya, "Sangat merasa terpukul atas kabar tragis meninggalnya Burry Stander. Ikon Afrika Selatan dan atlet yang hebat. Istirahat yang damai, sahabatku," tulisnya.

Stander bukan atlet sepeda pertama yang terlibat kecelakaan. Sebelumnya, juara Tour de France asal Inggris, Bradley Wiggins yang merupakan Team GB rider Mark Cavendish dan Kepala Pelatih Sepeda Inggris, Shane Sutton juga pernah mengalami kecelakaan ditabrak mobil.

(M047)

Penerjemah: Monalisa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013