Kemenangan di Piala Gubernur menjadi modal bagus untuk persiapan kami menghadapi kompetisi ISL, meskipun masih banyak kelemahan tim yang harus diperbaiki."
Lamongan (ANTARA News) - Kesebelasan Persela Lamongan terus mematangkan persiapan untuk menghadapi kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2013 yang rencananya digulirkan mulai akhir pekan ini.

Asisten Pelatih Persela Didik Ludianto ketika dihubungi di Lamongan, Kamis mengatakan, fokus persiapan timnya saat ini adalah meningkatkan kerja sama antarpemain dan meramu taktik serta strategi permainan.

"Kalau tidak ada perubahan jadwal dari PT Liga Indonesia, tim kami baru akan menjalani laga perdana pada 16 Januari menghadapi Persepam Madura United di Lamongan. Jadi, masih ada waktu sekitar dua pekan untuk meneruskan persiapan," ujarnya.

Secara keseluruhan, lanjut Ludianto, komposisi pemainnya sudah hampir lengkap, kecuali untuk posisi penyerang yang rencananya masih perlu ada penambahan pemain.

"Saat ini, kami sudah memiliki dua penyerang murni, yakni Samsul Arif dan Mario Costas. Pelatih Gomez de Oliviera sepertinya ingin menambah `striker` lagi sebagai pelapis," tambahnya.

Pada Liga Super Indonesia musim ini, tim berjuluk "Laskar Joko Tingkir" itu banyak melakukan perombakan pemain, kendati ada beberapa wajah lama yang masih dipertahankan.

Gustavo Lopez, Mario Costas, Roman Golian, dan In Kyun Oh merupakan pemain asing musim lalu yang dipertahankan. Sedangkan di deretan pemain lokal masih ada kiper Choirul Huda, Jimmy Suparno, dan Zaenal Arifin.

Formasi baru Persela di bawah asuhan pelatih asal Brazil Gomez de Oliviera sukses menjuarai turnamen Piala Gubernur Jatim pada akhir 2012, dengan mengalahkan Arema 2-0 di laga final.

Keberhasilan itu merupakan yang keempat kalinya diraih Persela, selama 10 kali turnamen yang menjadi agenda tahunan Pengprov PSSI Jatim tersebut digelar.

"Kemenangan di Piala Gubernur menjadi modal bagus untuk persiapan kami menghadapi kompetisi ISL, meskipun masih banyak kelemahan tim yang harus diperbaiki. Sudah pasti ISL jauh lebih ketat persaingannya," tutur Gomez.

Secara terpisah, Asisten Manajer Persela Yuhronur Efendi berharap perombakan besar-besaran yang dilakukan timnya pada kompetisi musim ini mampu mendongkrak prestasi dibanding musim 2011/2012.

"Target kami musim ini bisa bersaing di papan atas. Mudah-mudahan keberhasilan di Piala Gubernur menjadi awal bagus bagi tim kami," ucapnya.

(D010/C004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013