sudah menyiapkan beragam persiapan untuk menghadapi lonjakan arus balik
Lampung Selatan (ANTARA) - Penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan  Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak, Banten pada H+7 atau Sabtu (29/4) masih mengalami kenaikan dibanding hari sebelumnya.

Berdasarkan data Humas PT ASDP Indonesia Ferry cabang Pelabuhan Bakauheni, Syaifullahil Maslul, Minggu, tercatat sebanyak 107.742 penumpang yang menyeberang pada Sabtu (29/4).

Angka tersebut merupakan jumlah penumpang arus balik tertinggi ke tiga setelah sebelumnya terjadi pada 25 April (H+3) sebanyak 123.232 dan 26 April (H+4) sebanyak 111.875 penumpang.

Lebih rinci lagi, dari 107.742 itu, tercatat ada 8.609 penumpang pejalan kaki dan 99.133 penumpang menggunakan kendaraan pribadi.

Jumlah kendaraan yang menyeberang juga meningkat jika dibandingkan dengan Jumat (28/4) yakni 15.771 yang terdiri dari 13.836 mobil, 623 motor dan 1.512 kendaraan truk dan bus.

ASDP sendiri sudah menyiapkan beragam persiapan untuk menghadapi lonjakan arus balik yang diperkirakan juga akan terjadi pada Minggu ini.

Beberapa persiapan diantaranya memastikan seluruh armada kapal bisa berfungsi dan pelayanan di setiap pelabuhan bisa berjalan dengan baik.

Syaifullahil berharap ASDP cabang Bakauheni bisa terus melayani penumpang hingga arus balik mudik Lebaran selesai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta manajemen PT ASDP Indonesia Ferry untuk bersiap menghadapi gelombang kedua arus balik pada 30 April dan 1 Mei 2023 di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung.

"Ada masyarakat yang mudiknya masih lama dan baru akan pulang akhir pekan ini. Untuk itu, kita harus siap melayani dengan baik dan saya minta Dirut PT  ASDP Indonesia Ferry untuk menjaga ini," kata Budi saat ditemui di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Jumat (28/4).

Menurut Budi, Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni mampu menampung 39.000 kendaraan termasuk 33 kapal feri yang siap membawa penumpang berikut kendaraan menuju Pelabuhan Merak.

Jika Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni padat, maka seluruh kendaraan akan dialihkan ke Pelabuhan Panjang. Pihaknya juga telah menyiapkan skema pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan di lingkungan pelabuhan.
Baca juga: Arus balik pemudik di Pelabuhan Bakauheni landai pada Minggu pagi
Baca juga: Aktivitas pemilir di Pelabuhan Bakauheni ramai lancar pada H+6 malam
Baca juga: Para orang tua diingatkan untuk awasi anak di atas kapal penyeberangan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023