"Pembelinya lumayan banyak."
Bandung (ANTARA News) - Selain terompet, bando setan (hiasan kepala berbetuk tanduk setan) juga menjadi pernak-pernik yang dipakai oleh kawula muda Bandung, Jawa Barat, dalam menyambut malam Tahun Baru 2013 di Kota Kembang itu Senin.

Bando setan banyak dijajakan di pinggir jalan raya yang banyak dikunjungi oleh warga Bandung guna menyambut malam pergantian tahun, seperti di Jalan Braga, Juanda, Alun Alun Bandung, Gasibu, dan Monumen Perjuangan Rakyat Jabar.

Hiasan di kepala itu yang berkelap kelip warna-warni membentuk tanduk setan itu dijual seharga Rp15.000 hingga Rp20.000. Bando setan tersebut dijual oleh para penjual terompet atau penjual mainan anak-anak.

Tanduk setan tersebut ada yang memiliki lampu hias berwarna merah, hijau biru dan unggu yang dinyalakan menggunakan baterai ukuran kecil.

"Pembelinya lumayan banyak, mereka pakai Bando setan ini sambil meniup terompet. Slain anak-anak, ada juga para remaja," kata Maman, salah seorang penjual hiasan tahun baru di Jalan Braga.

Sejumlah jalan utama di Kota Bandung, khususnya di Jalan Juanda dan Merdeka, selepas Maghrib terlihat mulai dipenuhi warga Bandung maupun pendatang yang tengah bersiap untuk menyambut detik-detik pergantian tahun di jalur bebas kendaraan itu.

Pemberlakuan jalan bebas kendaraan itu dilakukan mulai Senin malam hingga Selasa pagi. Selama semalam, jalur utama di jantung Kota Bandung itu bebas dari kendaraan dan menjadi arena jalan kaki dan sepeda.
(U.S033/E001)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012