"Pada H+5 Lebaran atau Kamis, 27 April ini, arus balik ke Bontang dan Sangatta ada 177 orang, sedangkan arus balik yang tiba di Terminal Lempake Samarinda ada 124 orang,"
Samarinda (ANTARA) - Arus balik dari Terminal Lempake Samarinda ke Kota Bontang dan Sangatta dengan bus antarkota dalam provinsi di Kalimantan Timur, dalam dua hari terakhir (Rabu-Kamis, 26-27/4) mulai normal di angka 177-289  orang penumpang.

"Pada H+5 Lebaran atau Kamis, 27 April ini, arus balik ke Bontang dan Sangatta ada 177 orang, sedangkan arus balik yang tiba di Terminal Lempake Samarinda ada 124 orang," ujar Koordinator Terminal Lempake Samarinda Suharyanto di Samarinda, Kamis.

Rinciannya adalah arus balik ke Bontang 89 penumpang, arus balik ke Sangatta 88 penumpang, sedangkan arus balik dari Bontang tercatat ada 80 orang, kemudian arus balik dari Sangatta ada 44 penumpang.

Sedangkan pada H+4 Lebaran atau pada Rabu(26/4) arus balik dari Terminal Lempake Samarinda total 289 penumpang, dengan rincian arus balik ke Bontang sebanyak 147 penumpang dan arus balik ke Sangatta sebanyak 142 orang.

Sedangkan untuk arus balik dari Bontang yang tiba di Terminal Lempake Samarinda 92 orang, kemudian arus balik dari Terminal Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, tercatat ada 94 orang.

Arus balik terjadi karena ada warga Samarinda yang kerja di Bontang dan Sangatta, sebaliknya juga ada warga Bontang dan Sangatta yang kerja di Samarinda, banyak juga dari sana yang sekolah maupun kuliah di Samarinda.

Ia merinci bus dari Perusahaan Otobus (PO) yang mengangkut penumpang 177 orang pada Kamis ini, yakni untuk PO Bone Indah Jaya dua kali Bontang dengan membawa penumpang 22 dan 24 orang.

Kemudian PO Arafat juga dua kali mengangkut penumpang ke Bontang, yakni masing-masing membawa 21 dan 22 penumpang yang ingin balik ke Bontang.

Sedangkan arus balik ke Sangatta juga diangkut menggunakan empat bus, yakni PO Bone Indah Jaya dua kali berangkat dengan masing-masing membawa penumpang sebanyak 20 dan 26 orang.

Berikutnya adalah PO Arafat juga dua kali berangkat ke Sangatta dengan masing-masing membawa 22 dan 20 penumpang yang balik.

"Sedangkan tiga hari lalu atau Selasa, 25 April, jumlah arus balik dari Samarinda total ada 265 orang, terdiri atas 119 penumpang menuju Bontang dan tercatat ada 146 penumpang dengan tujuan Sangatta," kata Yanto.
Baca juga: Arus Balik Lebaran 2023 ke Bontang dan Sangatta mulai meningkat
Baca juga: Empat perusahaan bus Samarinda tidak beroperasi akibat sepi penumpang
Baca juga: Pupuk Kaltim berangkatkan 200 pemudik dari Bontang dan Samarinda

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023