Pada 2013 nanti, kader-kader partai akan mulai mendekati konstituen dan massanya dengan turun ke daerah-daerah untuk menjual partainya
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik Firman Noor mengatakan 2013 akan menjadi tahun konsolidasi internal partai politik guna menguatkan mesin politik untuk menghadapi Pemilu 2014.

"Partai-partai akan mulai melakukan penguatan struktur mulai dari tingkat pusat hingga daerah," kata Firman, peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia tersebut, di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan konsolidasi internal dan penguatan struktur itu dilakukan agar "mesin politik" partai memiliki pemahaman yang sama untuk menghadapi Pemilu 2014.

Karena itu, ia mengatakan, kemungkinan akan ada "pembersihan" terhadap sejumlah pengurus partai yang selama ini dinilai tidak sejalan dengan pemimpin partai.

"Misalnya Partai Demokrat yang mencopot Ruhut Sitompul dari jabatan Ketua DPP. Hal itu dilakukan semata-mata untuk menguatkan 'mesin perang' dan komando di tangan pimpinan partai," ujarnya.

Menurut Firman, penggantian dan pembersihan pengurus partai yang "bandel" dan tidak sejalan dengan pimpinan partai itu tidak hanya akan terjadi di Partai Demokrat.

"Hal itu juga akan terjadi di partai lain dengan hal-hal endemik yang berbeda. Kemungkinan kader-kader yang tidak sejalan dengan pimpinan partai akan dimarjinalkan atau disingkirkan," katanya.

Selain melakukan konsolidasi internal, Firman mengatakan partai-partai juga akan disibukkan dengan konsolidasi eksternal pada 2013.

Dia memperkirakan partai politik akan mulai "berjualan" pada 2013 untuk menghadapi Pemilu 2014 dengan melakukan pendekatan kepada konstituen dan basis massanya.

(D018/A011)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2012