Lamongan (ANTARA News) - Tuan rumah Persela Lamongan gagal meraih kemenangan pada laga pembuka turnamen Piala Gubernur Jatim 2012, setelah ditahan imbang Perseba Bangkalan tanpa gol di Stadion Surajaya Lamongan, Minggu.

Persela yang sejatinya tampil mendominasi permainan sejak babak pertama, memiliki beberapa peluang bagus untuk mencetak gol, tetapi selalu gagal dalam penyelesaian akhir.

Peluang pertama diperoleh Jimmy Suparno saat laga baru berjalan lima menit, namun bola sontekannya menyongsong umpan Gustavo Lopez masih melambung tipis di atas mistar gawang Perseba.

Tekanan bertubi-tubi ke jantung pertahanan Perseba selalu berhasil dimentahkan barisan pertahanan, termasuk penjaga gawangnya Aditya Fajar yang tampil prima.

Dominasi Persela masih berlanjut pada babak kedua, namun serangkaian serangan yang dibangun Gustavo, Jimmy Suparno, Samsul Arif, dan Mario Costas tidak mampu menghasilkan gol.

Cara bertahan yang disiplin dari pemain-pemain Perseba, membuat tuan rumah frustrasi. Perseba hanya sesekali melakukan serangan balik, tetapi tidak mengancam gawang Khoirul Huda.

"Anak-anak bermain bagus dan bertahan dengan disiplin, karena materi pemain lawan jauh lebih bagus. Kami cukup puas bisa meraih hasil seri," kata Pelatih Perseba Bangkalan, Nus Yadera setelah pertandingan usai.

Sementara itu, Pelatih Persela Gomes de Oliviera mengaku kecewa dengan hasil imbang ini, karena dari sisi permainan timnya sangat mendominasi dan memiliki banyak peluang.

Menurut ia, kerja sama antarlini tidak berjalan maksimal dan beberapa pemain juga tampil tidak sepenuh hati di lapangan.

"Kalau tim bermain seperti itu, jangan berharap bisa meraih hasil maksimal. Apalagi, beberapa pemain yang baru bergabung juga masih perlu adaptasi," ujarnya.

Dengan hasil imbang ini, Persela harus mampu meraih kemenangan saat menghadapi Deltras Sidoarjo pada laga berikutnya, Jumat (28/12), jika ingin lolos ke babak final.

Turnamen Piala Gubernur Jatim 2012 yang dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Rasiyo, diikuti sebanyak enam tim dan dibagi dalam dua grup.

Pada grup A yang dimainkan di Lamongan, terdapat Persela, Perseba dan Deltras. Sedangkan grup B di Stadion Kanjuruhan Malang, dihuni Arema Indonesia, PSBK Kota Blitar dan Persebaya Divisi Utama.

Sesuai hasil pertemuan teknis seluruh tim, hanya juara dari masing-masing grup yang berhak tampil di laga final pada 30 Desember 2012.

(D010/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012