Peshawar, Pakistan (ANTARA News) - Pembom bunuh diri menewaskan seorang menteri provinsi dan tujuh orang lainnya dalam satu serangan di satu pertemuan politik di Pakistan barat laut, Sabtu.

Pembom menyerang ketika dewan pimpinan penting provinsi Partai Nasional Awami (ANP) berkumpul menghadiri satu pertemuan di kota Peshawar, ibu kota Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

"Saya dapat mengonfirmasikan bahwa menteri senior Bashir Bilour meninggal. Ia berada dalam kondisi yang sangat kritis ketika dibawa ke rumah sakit dan tidak dapat diselamat," kata Arbab Ayub Jan, seornang menteri di kabinet provinsi Khyber Pakhtunkhwa kepada AFP.

Satu pernyataan badan informasi Rumah Sakit Lady Reading Peshawar juga mengumumkan Bilour dan tujuh orang lainnya tewas. Pwrnyataan itu mengatakan 18 orang lainnya cedera dalam serangan itu.

Bilour "luka di dada dan perut. Kami telah berusaha sebaik mungkin untuk menyelamatkan nyawanya," tetapi ia meninggal dalam operasi bedah, kata Arshad Javed, seorang dokter senior di rumah sakit itu kepada AFP.

Para penjinak bom mengatakan pembom bunuh diri itu meledakkan bom-bom yang dibawanya ketika pertemuan mencapai puncaknya.

"Pembom bunuh diri itu berjalan memasuki gedung tempat pertemuan itu diselenggarakan dan meledakkan bom yang yang disembunyikannya dalam rompi," kata Shafqat Mali, kepala regu penjinak bom kepada AFP.

Polisi mengatakan sekitar 100 orang telah berkumpul untuk menghadiri pertemuan itu ketika pembom itu meledakkan bom yang dibawanya.

"Pembom itu berada sangat dekat dengan menteri senior Bilour," Asif Iqbal, seorang perwira senior polisi kepada AFP.

Ia mengatakan mereka yang tewas itu termasuk sekretaris Bilour dan seorang polisi selain para pekerja ANP. Empat polisi juga termasuk di antara mereka yang cedera.

Pakistan mengatakan 35.000 orang tewas akibat terorisme sejak serangan 11 September 2001 dan invasi pimpinan Amerika Serikat akhir September yang menggulingkan pemerintah Taliban.

(Uu.H-RN/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012