Simpang Empat,- (ANTARA) -
Basarnas Pasaman, Sumatera Barat, menyiagakan personel dan sejumlah peralatan untuk mengantisipasi terjadinya bencana atau kecelakaan selama libur Lebaran 2023 di Kabupaten Pasaman Barat.
 
"Ada sekitar 25 orang personel Basarnas dan potensi SAR yang disiagakan selama libur lebaran," kata Koordinator Basarnas Pasaman Dhio Ulwi Finanda di Simpang Empat, Kamis.
 
Ia mengatakan personel tersebut disiagakan di tiga objek wisata, yakni Pantai Sikabau, Pantai Sasak, dan Pantai Air Bangis serta di perbatasan Sumatera Barat dengan Sumatara Utara.

Baca juga: Pemkot Pariaman bersiap sambut wisatawan saat libur Lebaran 2023
 
"Potensi kecelakaan cukup tinggi di objek wisata itu sehingga diperlukan kesiapsiagaan personel agar saat kejadian dapat dengan cepat memberikan pertolongan," ujarnya.
 
Sedangkan peralatan yang disiapkan di objek wisata itu antara lain satu RIB (Rigid Inflatable Boat), dua LCR (Live Craft Rubber Boat), dan alat ekrikasi kecelakaan.
 
Menurut dia, potensi daerah yang rawan terjadi bencana atau kecelakaan selama libur lebaran adalah setiap objek wisata pantai dan area perlintasan kapal ke pulau seperti Air Bangis menuju Pulau Panjang atau Pulau Pigago.

Baca juga: Sumbar antisipasi penyempitan jalan alternatif jelang libur Lebaran
 
"Personel Basarnas tentunya akan bergabung dengan personel lainnya seperti Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, dan lainnya di posko terpadu yang ada di objek wisata," katanya.
 
Ia mengimbau masyarakat pada saat berlayar ke pulau atau dari pulau ke daratan ketika berada di atas kapal dapat menggunakan pelampung untuk pengamanan diri.
 
Kemudian pada saat berwisata agar memperhatikan anggota keluarga atau anak-anak yang bermain di pantai.

Baca juga: Sumbar cari solusi untuk kenyamanan wisatawan pada libur lebaran 2023
 
"Begitu pula saat mengemudi diharapkan dapat beristirahat di rest area ketika mengantuk atau lelah," katanya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023