Dana yang turun sementara baru bulan Oktober
Jakarta (ANTARA News) - Dana saku bulanan tahap awal untuk atlet pemusatan latihan nasional (Pelatnas) sudah mulai dikucurkan kepada beberapa cabang olahraga yang telah memenuhi syarat.

"Dana yang turun sementara baru bulan Oktober," kata Kasubid Kompetisi Satlak Prima, Andri Paranoan, ditemui di kantor Satlak Prima, Jakarta, Kamis.

Pemerintah, melalui Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), menyalurkan dana berdasarkan Surat Keputusan Pelatnas nomor 17 dan nomor 19 dengan dana masing-masing Rp7,5 juta untuk manajer dan pelatih, Rp5 juta bagi atlet utama, dan Rp3,5 juta untuk atlet muda.

Andri mengatakan cabang olahraga yang sudah menerima dana antara lain wushu dan balap sepeda sejak pekan lalu. Personel wushu terdiri atas manajer, pelatih, dan atlet berjumlah 50 orang sedangkan balap sepeda sebanyak 78 orang. "Karena mereka sudah memenuhi syarat-syarat seperti nomor rekening dan NPWP," tambahnya.

Sementara itu cabang lain yang akan segera menerima dana pekan ini antara lain catur, tenis meja, dan dayung yang terdiri atas nomor canoeing, rowing, dan perahu naga (traditional boat race).

"Cabor (cabang olahraga) yang lainnya masih proses kompilasi data. Sebenarnya tinggal finishing, menunggu satu dua orang yang datanya belum lengkap serta kroscek ulang data-datanya," ujar Andri.

Selanjutnya, uang saku untuk bulan November akan turun setelah dana bulan Oktober diberikan kepada suluruh cabang. Sedangkan dana lainnya seperti akomodasi dan perlengkapan diurus langsung oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia yang sudah mulai proses pemanggilan pengurus besar cabang olahraga.

"Saya dengar beberapa hari yang lalu PB-PB sudah dipanggil untuk menyelesaikan sisa dana yang belum terpenuhi, seperti cabang yang ikut Olimpiade, Asian Beach Games, SEA Games. Tinggal proses pencairan," jelasnya.

(M047) 

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2012