Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan merancang perbaikan dan pemeliharaan jalan komplek perumahan yang mencapai 120 kilometer hingga 2024.
 
Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Banjarmasin Chandra Iriandi Wijaya di Banjarmasin, Jumat, perbaikan jalan komplek perumahan dengan target 120 kilometer itu dimulai sejak 2022.
 
"Pada APBD perubahan tahun 2022 sudah dapat tertangani sepanjang 22 kilometer," ujarnya.
 
Menurutnya, pelaksanaan penanganan jalan lingkungan komplek perumahan dilanjutkan pada APBD murni tahun 2023 ini dengan target sepanjang 40 kilometer.
 
"Di APBD perubahan tahun 2023 nanti kita tambah lagi anggarannya dan di APBD murni pada tahun 2024 hingga bisa tuntas sesuai target sepanjang 120 kilometer," papar Chandra.
 
Diungkapkannya,  Pemkot Banjarmasin dalam program perbaikan kawasan perumahan untuk fasilitas jalan lingkungan melalui SK nomor 391 tahun 2022 terdata ada 384 komplek perumahan di Kota Banjarmasin dengan panjang 370 kilometer.
 
"Yang sudah diserahkan fasilitas umum, yakni, jalan lingkungan ke pemerintah kota sebanyak 110 komplek perumahan dengan panjang 120 kilometer tadi," terangnya.
 
Dengan sudah diserahkan fasilitas umum (Fasum) tersebut, kata Chandra, maka Pemkot Banjarmasin baru bisa melakukan program perbaikan dan pengaspalan jalan lingkungan komplek perumahan tersebut.
 
"Kalau tidak diarahkan pengembang lahan Fasum itu, Pemkot Banjarmasin tidak bisa melakukan perbaikan," tuturnya.
 
Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi para pengembang yang cepat menyerahkan Fasum ke pemerintah kota, hingga cepat juga dilakukan program perbaikan demi pembangunan bisa dirasakan masyarakat.
 
"Program pemerintah akan terus masuk untuk memberikan pelayanan dan pembangunan bagi masyarakat," demikian kata Chandra.



Baca juga: Pemkot Banjarmasin rancang pembangunan jalan layang di Sungai Veteran

 

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023