Tottenham (ANTARA News) - Gol Jan Vertonghen pada babak kedua telah membawa Tottenham Hotspur masuk dalam empat teratas klasemen sementara Liga Utama Inggris, ketika mereka menjamu Swansea City di Stadion White Hart Lane, Minggu malam (WIB).

Vertonghen mencetak gol menit 75, menyapu umpan tendangan bebas dari Kyle Walker, dan memperdayai kiper Gerhard Tremmel.

Gol dari pemain bertahan asal Belgia yang musim lalu bermain di Ajax itu seolah memecah kebuntuan serangan Tottenham yang peluangnya sepanjang babak pertama tidak membuahkan hasil.

Di antara peluang-peluang Tottenham pada babak pertama antara lain ketika Kyle Walker membuat umpan silang ke arah Emmanuel Adebayor. Namun tendangan Adebayor dari jarak 6 yard masih bisa dengan mudah diblok oleh Chico.

Swansea yang juga berusaha mengimbangi permainan tuan rumah Tottenham, tidak memperoleh banyak peluang pada babak pertama.

Hingga turun minum kedudukan tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, andalan Spurs Emmanuel Adebayor melepaskan tembakan ke arah gawang Swansea pada menit 49, namun Tremmel mampu menyelamatkan gawangnya.

Sampai pertandingan berjalan 70 menit, kedudukan tidak berubah meskipun kedua kubu mengganti sejumlah pemainnya. Villas-Boas memasukkan Gylfi Sigurdsson menggantikan Dempsey, sementara Adebayor keluar digantikan Andros Townsend.

Baru ketika memasuki menit 75, Vertonghen mencetak penting untuk Spurs setelah menerima umpan dari tendangan bola mati Kyle Walker. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk Spurs.

Swansea mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan ketika Michu--yang sudah berada di depan--mencoba memanfaatkan umpan lambung yang dikirim dari sisi kanan pertahanan Spurs.

Namun, Michu jutru tergeletak setelah berbenturan dengan kiper Spurs Hugo Lloris yang melompat menyelamatkan bola.

Kedudukan 1-0 untuk Spurs bertahan hingga pertandingan usai.

Dengan hasil itu, menurut klasemen terbaru yang ditampilkan premierleague.com, Spurs berada di urutan keempat klasemen sementara dengan nilai 29, di bawah Chelsea yang juga meraih poin 29.

Puncak klasemen masih dihuni Manchester United dengan skor 42, diikuti rival satu kotanya, Manchester City, yang mengantongi poin 36.


(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012