Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia stabil pada awal perdagangan Jumat, mempertahankan kenaikan yang dibuat di sesi sebelumnya, dibantu oleh harga minyak yang menguat dan prospek peningkatan pasokan mata uang asing dalam beberapa minggu mendatang.

Pada pukul 07.16 GMT, rubel tidak berubah terhadap dolar diperdagangkan pada 81,4 dan telah naik 0,3 persen untuk diperdagangkan pada 90,15 versus euro. Mata uang Rusia telah turun 0,2 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan di 11,88.

"Situasi stabil di pasar energi dan persiapan eksportir yang akan datang untuk pembayaran pajak, yang akan meningkatkan pasokan mata uang asing di pasar, akan diperhitungkan oleh investor, menunjukkan dukungan terhadap rubel dan memfasilitasi pertumbuhannya," kata Kepala Analis Banki.ru Bogdan Zvarich dalam sebuah catatan.

Pembayaran pajak akhir bulan biasanya melihat eksportir mengubah pendapatan mata uang asing untuk memenuhi kewajiban lokal.

"Sangat mungkin bahwa tren penurunan rubel dari pertengahan Januari telah berakhir, kami memperkirakan penguatan mata uang Rusia secara bertahap," kata Alexei Antonov dari Alor Broker.

Setelah menghabiskan sebagian besar tahun lalu sebagai mata uang dengan kinerja terbaik di dunia, rubel telah menderita setelah Barat memberlakukan sanksi baru pada ekspor minyak Rusia dalam bentuk batas harga minyak dan embargo Uni Eropa pada ekspor minyak mentah yang dibawa melalui laut.

Rubel turun sekitar 10 persen tahun ke tahun, kinerja terburuk ketiga di antara mata uang global sepanjang tahun ini.

Pemulihan impor Rusia, tingginya permintaan mata uang asing karena perusahaan-perusahaan Barat meninggalkan Rusia dengan menjual aset, dan penurunan pembayaran pajak secara musiman semuanya berkontribusi pada merosotnya rubel ke level terendah satu tahun minggu lalu.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, turun 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 85,9 dolar AS per barel, tetapi masih mendekati level tertinggi 2,5 bulan.

Indeks saham Rusia beragam. Indeks RTS berdenominasi dolar menguat 0,2 persen menjadi diperdagangkan pada 984,9 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel diperdagangkan datar di 2.544,0 poin.

Baca juga: Dolar jatuh ke terendah 1-tahun di Asia terseret pendinginan inflasi
Baca juga: Rupiah naik didukung pelemahan indeks dolar AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023