Beijing (ANTARA) - Komisi Kesehatan Nasional (NHC) China melakukan upaya berkelanjutan untuk memastikan bahwa sumber daya medis berkualitas telah disalurkan ke level masyarakat dan didistribusikan secara lebih merata di seluruh daerah.

Dengan bantuan komisi tersebut, sebanyak 87,7 persen rumah sakit wilayah di China telah mencapai kapasitas setara dengan rumah sakit tingkat kedua dan 45,6 persen telah mencapai kapasitas setara dengan rumah sakit tingkat ketiga, kata seorang pejabat NHC Li Dachuan dalam konferensi pers, Kamis (13/4).

China memiliki sistem tiga tingkat dalam pemeringkatan rumah sakit. Rumah sakit tingkat ketiga, yang memiliki jumlah tempat tidur terbanyak dan menyediakan layanan medis komprehensif, berada di urutan teratas dalam sistem itu.

Guna menyempurnakan layanan medisnya, China telah berupaya meningkatkan kompetensi spesialisasi klinis.

Li Dachuan mengatakan hingga akhir tahun 2022, Pemerintah China telah menginvestasikan total 2,54 miliar yuan untuk mendukung pembangunan 508 proyek spesialisasi klinis nasional utama di negara tersebut.

Selanjutnya, lebih banyak sumber daya akan dihimpun untuk mendukung pemerintah daerah saat mereka menggenjot pengembangan spesialisasi yang mencatatkan permintaan tinggi, seperti bedah kardiovaskular, kebidanan, ortopedi, anestesiologi, pediatri, psikiatri, dan patologi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023