New York (ANTARA News) - Palestina menyeru masyarakat internasional agar tidak hanya memberikan bantuan ekonomi dan kemanusiaan bagi rakyat Palestina, tapi juga mendorong Israel mengakhiri blokade atas Jalur Gaza.

Pengamat Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, dalam pertemuan Sidang Majelis Umum PBB pada Kamis (13/12) mendesak masyarakat internasional "melancarkan segala upaya, termasuk langkah praktis, guna memaksa Israel segera mencabut blokade tidak sah dan tidak manusiawinya atas Jalur Gaza".

Masyarakat internasional perlu melakukan tindakan guna menghilangkan penghalang sangat besar yang dilancarkan penguasa pendudukan di lapangan sehingga mempengaruhi kehidupan lebih dari 1,6 juta orang Palestina, kata Mansour seperti dikutip Xinhua.

Sangat disesalkan bahwa pemerintah Israel terus memberlakukan pembatasan perdagangan sehingga ekonomi Palestina tergantung pada ekonomi Israel, katanya.

Palestina, lanjut dia, tak bisa memperoleh akses ke pasar internasional sehingga terpaksa harus berdagang dengan orang Israel, penguasa pendudukan.

Menurut dia, kondisi tersebut juga meningkatkan kerentanan Palestina atas lingkaran usaha Israel dan menciptakan kebutuhan sangat besar terhadap bantuan ekonomi dan kemanusiaan dari masyarakat internasional.

(C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012