Baghdad (ANTARA News) - Sebanyak 11 orang tewas, kebanyakan personel pasukan keamanan, dalam serangkaian serangan pada Kamis (13/12) di beberapa kota besar Irak, kata polisi.

Seorang polisi yang tak ingin disebutkan jatidirinya memberitahu Xinhua, beberapa pria bersenjata bentrok dengan pasukan keamanan di satu desa di Kota Kecil Baaj, Provinsi Nineveh di Irak utara, sehingga menewaskan Kolonel Khalid Naddawi, komandan satu resimen dan melukai dua pengawalnya.

Sementara itu, sekelompok pria tak dikenal yang dilengkapi dengan senjata ringan dan sedang, menyerang satu rombongan militer di Kabupaten Aljughaifi di pusat Kota Fallujah, menewaskan tiga prajurit dan melukai dua orang lagi, kata pejabat polisi tersebut.

Dalam kejadian lain, beberapa gerilyawan bersenjata yang melakukan perjalanan dengan mobil sipil menyerang satu pos pemeriksaan polisi di Daerah Nuaimiya di dekat Kota Fallujah, dan menewaskan dua personel polisi.

Masih di Fallujah, beberapa pria bersenjata juga memasang bom di bawah satu menara pengawas di Kabupaten Al-Askari dan meledakkannya, sehingga menewaskan dua prajurit, kata sumber polisi tersebut.

Di tempat lain di Ibu Kota Irak, Baghdad, beberapa pria bersenjata menyerang satu pos pemeriksaan polisi di Jalan Ar-Rabea, menewaskan dua polisi dan melukai empat orang lagi.

Dua bom pinggir jalan meledak di persimpangan Jordan di dekat Baghdad, menewaskan satu warga sipil dan melukai lima orang lagi. (C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012