...seluruh korban yang rumahnya tertimbun longsor selamat..."
Sukabumi (ANTARA News) - Sebanyak 12 rumah di empat kampung di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tertimbun longsor, namun belum ada laporan jatuhnya korban jiwa pada kejadian ini.

Dari data Badan Search and Rescue Daerah (Basarda) Kabupaten Sukabumi, selain menimbun rumah, longsor juga terjadi di beberapa titik seperti di Desa Cicadas yang menyebabkan jembatan Cibareno yang menghubungkan Sukabumi dengan Provinsi Banten tertimbun. Dan Jembatan Cikahuripan tertimbun longsor yang mengakibatkan arus jalan tertutup.

Sementara data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, di Desa Sukarame, Kecamatan Cisolok longsor terjadi di dua titik di Jalan Cipanengah dan Jembatan Cisukarame pun terputus.

"Kami saat ini masih di lokasi bersama anggota untuk membantu para korban, seluruh korban yang rumahnya tertimbun longsor selamat, selain itu kami juga sudah berkoordinasi dengan lembaga lain untuk bergotong royong membersihkan longsoran tanah yang menutupi jalan dan jembatan di Kecamatan Cisolok," kata Ketua Basarda Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidiqie kepada ANTARA, Senin.

Menurut Okih, longsor tersebut disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur Sukabumi sejak siang hari, sehingga tebing-tebing yang ada di kecamatan ini tidak mampu menahan rembesan air hujan yang akhirnya longsor. Pihaknya pun sampai saat ini masih mendata dan menugaskan anggotanya untuk mencari informasi lain khawatir longsor juga terjadi di beberapa desa.

"Kecamatan Cisolok merupakan daerah rawan longsor, karena lokasinya masih banyak tebing tanah yang terjal, bahkan cukup banyak rumah warga yang berada di sekitar tebing. Dan untuk korban yang rumahnya tertimbun sudah dievakuasi," tambahnya.

Sementara, Kepala Seksi Logistik BPBD Kabupaten, Iwan Herniwan membenarkan, kejadian tersebut dan pihaknya saat ini tengah menuju lokasi bencana di Kecamatan Cisolok untuk mendata dan memberikan bantuan kepada para korban."Kami belum mengetahui separah apa longsor tersebut karena kami saat ini masih dalam perjalanan menuju lokasi tetapi, dari laporan tidak ada korban jiwa pada kejadian ini," kata Iwan. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012