Anugerah BUMN ini diharapkan dapat memperkuat reputasi BUMN sebagai perusahaan yang sehat, tangguh dan konsisten menerapkan good corporate governance (GCG)."
Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) meraih empat penghargaan bergengsi dalam ajang Anugerah BUMN 2012 yang diselenggarakan Kementerian BUMN, Forum BUMN dan Majalah BUMN Track.

"Penghargaan ini memberikan gambaran atau pertanda bahwa Telkom telah menjalankan bisnis dalam koridor yang benar ("on the right track") dan mendorong seluruh jajaran Telkom memberikan yang terbaik bagi perusahaan," kata Direktur Utama Telkom Arif Yahya, dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

Empat kategori penghargaan terbaik yang diterima Telkom yaitu CEO BUMN Terbaik untuk Direktur Utama

Telkom Arief Yahya, Inovasi GCG Terbaik, Inovasi Aplikasi Teknologi Terbaik dan Inovasi Sumberdaya Manusia Terbaik.

BUMN Award 2012 diselenggarakan di Jakarta, Kamis (6/12), yang disaksikan Menteri BUMN Dahlan Iskan, dua mantan Menteri BUMN Tanri Abeng, dan Sugiharto serta para direksi dan komisaris perusahaan milik negara.

Anugerah BUMN 2012 yang bertemakan "Inovasi untuk Optimalisasi Kontribusi" diikuti 54 BUMN terkemuka antara lain Pertamina, PLN, Garuda Indonesia, Semen Gresik, Bank BNI, Jamsostek, Jasa Marga, Pembangunan Perumahan.

"Dengan working spirit `Always The Best`, Telkom senantiasa meningkatkan diri untuk menjadi Global Player," ujar Arief.

Lebih lanjut diutarakannya, apresiasi dari Kementerian BUMN tersebut menambah kepercayaan diri seluruh jajaran Telkom untuk terus berkarya dan menjadikan perseroan sebagai yang terbaik tidak saja di level nasional, tetapi juga di level regional/internasional.

Berbagai inisiatif strategis yang sudah dijalankan telah memberikan hasil bisnis yang membanggakan.

"Sebagai BUMN Public, Telkom memiliki valuasi pasar terbesar di Indonesia. Harga saham Telkom dalam beberapa waktu terakhir mencapai level rata-rata Rp 9.650 atau naik 36,2 persen dibandingkan awal tahun 2012 yang mencerminkan kepercayaan investor yang besar kepada manajemen saat ini," ujarnya.

Telkom juga mencatatkan diri sebagai perusahaan peringkat 726 berdasarkan Forbes 2012 Global Company serta nomor dua terbesar berdasarkan Fortune Indonesia 100 dan menjadi perusahaan telekomunikasi dengan kapitalisasi terbesar kedua di Asia Tenggara.

Tentunya ditambahkan Arief, penghargaan diberikan berdasarkan sejumlah penilaian, termasuk di antaranya penerapan Key Performance Indikator (KPI) dan penerapan tata laksana perusahaan secara baik, dalam mendorong BUMN mengembangkan inovasi serta budaya kerja dan bisnis agar menghasilkan produk dan jasa yang unggul.

"Anugerah BUMN ini diharapkan dapat memperkuat reputasi BUMN sebagai perusahaan yang sehat, tangguh dan konsisten menerapkan good corporate governance (GCG)," katanya. (R017)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012