London (ANTARA News/Reuters) - Penyerang Barcelona Lionel Messi mencetak dua gol untuk memecahkan rekor jumlah gol yang dicetak Gerd Mueller dalam satu tahun, sekaligus membawa pemuncak klasemen sementara La Liga itu menang 2-1 atas Real Betis subuh tadi.

Messi mencetak gol ke-85 dan ke-86 selama tahun 2012 ini dalam 25 menit pertama laga melawan Betis yang membuat Barca memimpin dengan selisih bersih enam poin di puncak klasemen.

Sementara di Liga Inggris, gol dari tendangan bebas di menit tambahan yang dilesakkan Robin van Persie membuat Manchester United menang 3-2 dari juara bertahan Manchester City dalam laga mendebarkan pada  derby Liga Premier yang membuat United memimpin enam poin di puncak klasemen.

Spanyol

Lionel Messi mencetak rekor jumlah gol selama setahun ketika Barcelona yang tak terkalahkan unggul enam poin dari peringkat dua klasemen Atletico Madrid setelah menang 2-1 dalam laga mendebarkan melawan Betis tadi pagi.

Pemain Terbaik Dunia asal Argentina ini menjaringkan gol ke-85 dan ke-86-nya selama 2012 dalam satu pertandingan yang menghibur di Benito Villamarin, Seville, untuk melampaui rekor sebelumnya 85 gol yang dicetak German Gerd Mueller pada 1972.

Prestasi Messi ini menutup kegemilangan penyerang Atletico Radamel Falcao yang membungkam Deportivo Coruna dengan lima golnya dalam laga yang berkesudahan 6-0 yang membuat klub ini unggul lima poin bersih dari Real Madrid.

Sedangkan klub asuhan Jose Mourinho, Real Madrid, mencetak dua gol untuk memaksakan kemenangan 3-2 atas tuan rumah Real Valladolid sehingga mempersempit defisit poin dari Atletico yang pekan lalu mengalahkan Madrid 2-0 di Bernabeu.

Barca telah memenangi 15 laga selama musim ini, di samping hasil seri 2-2 melawan petandang Real Madrid Oktober lalu.  Dua gol Messi mengantarkan mereka mengemas 43 poin, sedangkan Atletico 37 dan Real 32.

Inggris

Manchester United unggul enam poin dari tim sekota yang juga musuh bebuyutan, Manchester City, setelah memenangi laga derby 3-2 di Etihad Minggu malam lalu setelah Robin Van Persie mencetak gol penentu di menit tambahan.

Tendangan bebas pemain Belanda ini mengantarkan United unggul lagi setelah Yaya Toure dan Pablo Zabaleta menyelamatkan tim juara bertahan dari dua gol Wayne Rooney di babak pertama.

United kini mengemas 39 poin dari 16 pertandingan, sedangkan City mengoleksi 33 poin.

Fernando Torres mencetak dua gol untuk Chelsea saat mereka menang 3-1 atas Sunderland Sabtu lalu. Ini adalah gol pertama Liga Premier Torres dalam lebih 700 menit sekaligus menghadiahi kemenangan pertama kepada Rafa Benitez yang belum lama melatih Chelsea.

Peringkat tiga Chelsea kini mengumpulkan 29 poin dan tengah menatap Kejuaraan Dunia Antarklub di Jepang, sedangkan Everton menduduki posisi keempat dengan 26 poin setelah dua gol di menit tambahan dalam laga yang berkesudahan 2-1 melawan Tottenham Hotspur.

Italia

Pemimpin klasemen sementara Juventus menang 1-0 dari Palermo menyusul merumputnya lagi pelatih Antonio Conte setelah dilarang selama empat bulan. Stephan Lichtsteiner mencetak satu-satunya gol di babak kedua dalam pertandingan di Sicilia.

Conte sempat dilarang ada di lapangan karena skandal pengaturan skor selagi melatih Siena di  Serie B. Sebelumnya dia dikenai sanksi 10 bulan pada Agustus lalu, lalu dikurangi setelah banding.

Juventus, yang memenangi 12 pertandingan dari 16 laga yang sudah dimainkannya, kini mengoleksi 38 poin, empat poin lebih banyak dari Inter Milan yang menumbangkan Napoli 2-1 di San Siro untuk mencegah sang lawan mencapai posisi dua klasemen, berkat dua gol di babak pertama dari Fredy Guarin dan Diego Milito.

Sementara kebangkitan AC Milan berlanjut ketika mereka memenangi laga ketiga mereka berturut-turut setelah mengalahkan Torino 4-2 untuk merangkak di peringkat tujuh.

Jerman

Bayern Munich mengalahkan Augsburg 2-0 untuk menciptakan selisih 11 poin bersih di puncak Bundesliga di mana penampilan mereka yang menjulang musim ini menunjukkan mereka sepertinya tak akan terkalahkan.

Gol-gol dari Thomas Mueller dan Mario Gomez memastikan kemenangan ke-13 kali mereka dalam 16 laga yang dijalaninya, dengan satu laga lagi menjelang jeda musim dingin.

Bayern Leverkusen gagal mempertahankan performa setelah tersungkur 2-3 dari Hanover 96 untuk mengakhiri empat kemenangan berturut-turutnya dan harus puas dengan 30 poin untuk berada di peringkat dua klasemen sementara.

Juara bertahan Borussia Dortmund juga kalah dengan skor sama dari tamunya VfL Wolfsburg dalam laga yang diwarnai kontroversi.

Tuan rumah sempat memimpin 1-0, namun bek Dortmund Marcel Schmelzer dikeluarkan dari lapangan setelah diganjar dua kartu kuning di mana wasit melihatnya sengaja handball, padahal wasit kemudian mengakui telah  mengeluarkan keputusan yang salah.

Keputusan ini harus dibayar mahal Dortmund dan Wolfsburg memanfaatkannya dengan penalti Diego untuk mengantarkan Dortmund 14 poin di bawah Bayern sehingga upaya mempertahankan gelar segera memudar.

Prancis

Olympique Lyon memantapkan posisi puncaknya di klasemen sementara Ligue 1 ketika membungkam musuh bebuyutannya St Etienne dengan skor 1-0 berkat gol satu-satunya dari Michel Bastos.

Lyon, yang harus kehilangan Mahamadou Dabo karena menghajar kepala Gradel pada menit 55, bangkit 10 menit kemudian ketika pemain pengganti Bastos melesakkan tendangan geledek ke gawang lawan.

Lyon mengemas 34 poin hasil dari 16 laga untuk melampaui Paris St Germain yang menghancurkan Evian Thonon Gaillard 4-0 Sabtu sebelumnya, sehingga selisih poin menjadi lima.

Olympique Marseille berada di perigkat tiga, juga berselisih lima poin dari pemuncak klasemen  setelah kalah 3-0 di kandangnya dari Lorient akibat Charles Kabore dikeluarkan dari lapangan pada babak pertama.

Belanda

PSV Eindhoven bukan lawan sepadan Twente Enschede setelah mereka menang meyakinkan 3-0 untuk unggul dua poin di puncak klasemen Liga Belanda yang saat bersamaan peringkat kedua Vitesse Arnhem berkurang koleksi poinnya.

Vitesse memenangi seluruh dari tujuh laga tandangnya musim ini namun kalah menyakitkan 3-1 dari tim papan bawah VVV Venlo.

Juara bertahan Ajax Amsterdam mencatat kemeangan kelimanya dengan mengalahkan Groningen 2-0 untuk tetap bisa menguntit ketat Eindhoven dan Vitesse.

(*)        

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012