Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin, melalui Bidang Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, menetapkan delapan finalis mahasiswa Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2023 tingkat universitas.

Kasubdit Kemahasiswaan Unhas Muh Irdam Ferdiansah M Acc Ak CA di Makassar, Senin, mengatakan Pilmapres tingkat Unhas 2023 merupakan wadah untuk menyeleksi kandidat terbaik, yang akan mewakili Unhas pada Pilmapres tingkat nasional.

Ia menjelaskan, Pilmapres Unhas 2023 diikuti 46 mahasiswa yang merupakan utusan terbaik dari setiap fakultas. Proses pemilihan Pilmapres ini diawali dengan seleksi di tingkat fakultas yang berlangsung pada tanggal 6-17 Maret 2023.

Selanjutnya, 46 mahasiswa tersebut mengikuti seleksi tingkat universitas yang diselenggarakan pada Sabtu, 1 April 2023. Seleksi tersebut mencakup kemampuan Bahasa Inggris dan portofolio capaian unggulan.

Baca juga: 2.045 mahasiswa Unhas lolos proposal Ide Bisnis Program Wirausaha 2023

Baca juga: MTQ Unhas 2023 hadirkan Lomba Ceramah Bahasa Bugis Makassar


“Sebelum seleksi tingkat universitas, 46 mahasiswa utusan per fakultas melakukan asesmen psikologi pada 18 Maret 2023. Kemudian diberi pembekalan oleh Mawapres sebelumnya pada 27 Maret 2023,” ujarnya.

Ia mengatakan, delapan finalis akan memperebutkan gelar mahasiswa berprestasi Unhas. Delapan finalis ini masih akan melalui beberapa tahapan seleksi, salah satunya Leaderless Group Discussion pada Kamis tanggal 6 April 2023.

“Para finalis kembali dites mengenai wawancara Bahasa Inggris, portofolio capaian unggulan final, dan presentasi gagasan kreatif," kata Muh Irdam.

Dari seluruh rangkaian proses seleksi tersebut, Bidang Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir kemudian menetapkan tiga orang mahasiswa berprestasi dan seorang mahasiswa dengan predikat paling menginspirasi (The Most Inspiring Student) pada Ahad 9 April 2023.*

Baca juga: Pakar Biotechnology Malaysia bahas pentingnya energi baru terbarukan

Baca juga: BPJS Kesehatan-Unhas tingkatkan kompetensi mahasiswa di bidang JKN

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023