"Untuk mengakselerasi proses pembangunan di sektor pariwisata dibutuhkan komitmen kuat semua pihak dalam merealisasikan sejumlah kebijakan yang telah disepakati bersama antara pemerintah di tingkat pusat dan daerah,"
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong akselerasi proses pembangunan di sektor pariwisata dan menegaskan bahwa Pemerintah Pusat dan daerah harus berkomitmen merealisasikan sejumlah kebijakan yang telah disepakati bersama.

"Untuk mengakselerasi proses pembangunan di sektor pariwisata dibutuhkan komitmen kuat semua pihak dalam merealisasikan sejumlah kebijakan yang telah disepakati bersama antara pemerintah di tingkat pusat dan daerah," kata Rerie, sapaan akrab Lestari, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Badan Pusat Statistik mencatat jumlah wisatawan mancanegara naik lebih dari dua kali lipat pada 2022, jika dibandingkan dengan periode sebelumnya pada masa pandemi COVID-19.

Daerah asal para wisatawan mancanegara didominasi oleh negara tetangga yakni Malaysia, Timor Leste, Australia, dan Singapura.

Menko Perekonomian menargetkan pendapatan yang dihasilkan dari pariwisata nasional pada tahun 2023 mencapai sekitar Rp111,7 triliun.

Kunjungan wisatawan terus didorong, khususnya pada 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas melalui penyelenggaraan berbagai acara bertaraf internasional.

“Untuk mewujudkan hasil yang maksimal, kepastian terselenggaranya sejumlah kegiatan yang mampu menarik minat wisatawan tersebut harus menjadi kepedulian bersama antara pemerintah pusat dan daerah,” ujarnya.

Oleh karena itu, tutur Rerie menambahkan, inkonsistensi dalam pelaksanaan suatu acara akan berdampak pada hilangnya kepercayaan calon wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Air dan tentu berpotensi menimbulkan kerugian dengan hilangnya potensi pendapatan.

Rerie berpandangan penting untuk menjaga komitmen semua pihak agar tetap fokus pada proses pembangunan yang telah disepakati bersama dalam upaya mengakselerasi pembangunan sektor pariwisata.

“Karena di saat banyak negara berlomba-lomba untuk bangkit dari keterpurukan pascapandemi, kepercayaan dari berbagai pihak menjadi modal yang berharga untuk memenangkan persaingan dalam menarik investor dan wisatawan,” ucap Rerie.

Ia mendorong semua pihak dengan berbagai upaya untuk selalu membangun semangat kolaborasi yang kuat dalam upaya mengakselerasi proses pembangunan nasional di berbagai sektor.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023