Yang terpenting ketika laporan kepada kami jalan itu kewenangan provinsi, jangan sampai ketika dilakukan survei ternyata bukan jalan provinsi
Cirebon (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil mengatakan saat ini pemerintah sedang melakukan perbaikan atau peningkatan jalan provinsi di Cirebon, yang terdapat di tujuh titik dengan panjang mencapai 17 kilometer.

"Kami saat ini sedang memperbaiki jalan provinsi di Cirebon yang rusak dengan panjang mencapai 17 kilometer," kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil di Cirebon, Minggu, saat meninjau perbaikan jalan.

Emil mengatakan di Cirebon terdapat tujuh titik jalan yang berstatus provinsi sedang dilakukan peningkatan atau perbaikan, agar mobilitas masyarakat bisa menjadi semakin lancar.

Menurut dia, jalan yang diperbaiki adalah menjadi prioritas, dan rusak cukup parah, seperti jalan Pangeran Cakrabuana yang berada di Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, di mana di ruas tersebut jalan ditinggikan, serta aspal hotmix.

"Pekerjaan dari yang rusak berat, termasuk yang perapian pengaspalan, dan peningkatan. Itu semua dilakukan berdasarkan laporan yang paling banyak dari masyarakat, termasuk jalan Pangeran Cakrabuana," tuturnya.

Kang Emil menambahkan dari 17 kilometer jalan yang di perbaiki, 10 kilometer dapat dipastikan selesai sebelum H-10 Lebaran 2023, sehingga masyarakat sudah bisa menggunakan jalan yang laik itu saat arus mudik dan balik.

Sedangkan 7 kilometer lainnya lanjut Emil, diperbaiki setelah masa angkutan Lebaran 2023 selesai, dan dipastikan sebelum Juni bisa selesai secara keseluruhan.

Ia meminta kepada masyarakat untuk menyampaikan adanya kerusakan jalan yang masuk jalan provinsi, dan jangan sampai menyampaikan jalan rusak, tapi bukan kewenangan pemerintah provinsi.

"Yang terpenting ketika laporan kepada kami jalan itu kewenangan provinsi, jangan sampai ketika dilakukan survei ternyata bukan jalan provinsi," katanya.

Baca juga: Gubernur Jabar: Perbaikan jalan sebagian rampung sebelum lebaran

Baca juga: Gubernur Jabar minta guru di Cirebon pengkritik dirinya tak dipecat


Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023