"Personel tim urai kami perbanyak di jalur pantura dan arteri, termasuk pos pengamanan, dan pos pengaturan lalu lintas,"
Cirebon (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Jawa Barat, memperbanyak tim urai di jalur arteri pantai utara (pantura) saat memasuki musim mudik Lebaran 2023, dikarenakan jalur tersebut rawan kepadatan.

"Personel tim urai kami perbanyak di jalur pantura dan arteri, termasuk pos pengamanan, dan pos pengaturan lalu lintas," kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja di Cirebon, Minggu.

Triyono mengatakan pada arus mudik Lebaran 2022, kendaraan yang melintas di jalur arteri membeludak, sehingga kepadatan terjadi di beberapa lokasi, terutama di persimpangan.

Sehingga kata Triyono, berangkat dari pengalaman arus mudik tahun lalu, maka pihaknya lebih memprioritaskan jalur arteri dibanding jalan tol.

Untuk itu, lanjut Triyono tim urai dari Satlantas Polres Cirebon Kota juga diperbanyak, agar ketika terjadi kepadatan bisa secara cepat terurai, dan tidak menimbulkan kemacetan.

"Kami antisipasi mudik Lebaran 2023 dengan menyiapkan tim urai baik di jalur tol maupun arteri, namun lebih banyak di arteri," tuturnya.

Selain jalur arteri dan tol kata Triyono, pihaknya juga menyiagakan tim urai di tengah kota, mengingat Kota Cirebon menjadi tujuan warga dari berbagai daerah, karena banyak pusat perbelanjaan.

Menurutnya pada tahun 2022, pihaknya tidak terlalu memprioritaskan jalur dalam kota, dan ternyata menjadi titik kemacetan, sehingga pada Lebaran 2023 ini, akan diperbanyak tim urai.

"Evaluasi tahun lalu di tengah kota tidak banyak tim urai dan pada tahun lalu tengah kota menjadi serbuan masyarakat, sehingga terjadi macet, untuk itu kami siapkan tim urai untuk mengurai kepadatan atau kemacetan di tengah kota," katanya.

Selain tim urai kata Triyono, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait, dan memperbanyak pos pelayanan serta pos pengaturan lalu lintas.***2***

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023