"Karena saat ini banyak anak yang justru curhat melalui media sosial atau dengan teman-temannya dibandingkan dengan orang tua,"
Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie meminta peranan orang tua dalam mendidik anaknya harus semakin ditingkatkan karena kurangnya komunikasi akan memberikan efek negatif terhadap tingkah laku sosial anak di masyarakat.

"Karena saat ini banyak anak yang justru curhat melalui media sosial atau dengan teman-temannya dibandingkan dengan orang tua," kata Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin di Tangerang, Minggu.

Kejadian-kejadian tersebut, kata Wali Kota Benyamin, karena besarnya pengaruh dari teknologi yang sekarang banyak menguasai cara berpikir anak-anak. Oleh karena itu, hal ini mengakibatkan kurangnya interaksi antara orang tua dan anak.

"Oleh karenanya kita untuk meningkatkan interaksi orang tua dan anak di momentum bulan puasa ini, bisa dilakukan sahur bersama dan buka puasa bersama untuk terjalinnya komunikasi intens," ujarnya.

Dijelaskannya, cara-cara sederhana tersebut harus terus dibiasakan oleh orang tua agar kehadiran dan rasa sayang dapat dirasakan oleh anaknya sehingga tidak terjebak dalam melakukan tindakan negatif.

“Kita semua harus melakukan banyak hal dan tidak usah bosan dalam mendidik, masih banyak anak-anak yang harusnya menuntut ilmu tetapi justru terjebak pergaulan seperti tawuran dan lain sebagainya," kata dia.

Dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Tangerang Selatan khusunya peran orang tua dalam memadukan ajaran-ajaran agama kepada tingkah laku sosial anak.

“Kami selaku Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk mengajak kepada sejatinya beragama, bagaimana agama itu seperti pedoman dalam menghadapi peradaban teknologi yang semakin canggih,” katanya.

Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan memohon doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang Selatan dalam menjalankan program-program kerja agar lancar dan baik kedepannya, serta terciptanya kualitas SDM unggul.

“Mohon doa dan dukungannya untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang Selatan untuk mendukung kegiatan program-program kerja Pemerintah Kota Tangerang Selatan berjalan dengan lancar dan baik, guna memajukan kualitas SDM yang semakin unggul,” ucapnya.

Di antaranya program Pemerintah Kota Tangerang Selatan seperti pembangunan infrastruktur, bantuan kesehatan, dan program keagamaan yang sudah didirikannya Islamic Center yang bermanfaat untuk pusat kajian Islam.

“Program yang sudah berjalan, seperti pembangunan infrastruktur, bantuan kesehatan khusus masyarakat yang kurang mampu, dan juga program keagamaan yang sudah kami dirikan yaitu Islamic Center sebagai pusat kajian Islam dan bisa dimanfaatkan secara gratis,” ujarnya.

Lebih dari itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga menghadirkan program beasiswa 1.000 hafidz Qur’an dan juga ada program bantuan insentif guru ngaji untuk penuntasan buta Al-Qur’an.

"Kami Pemerintah Kota Tangerang Selatan sedang melakukan program 1.000 beasiswa Hafidz Qur’an, lalu juga program bantuan insentif guru ngaji untuk penuntasan buta AL-Qur’an,” ujarnya.
Baca juga: Psikolog ingatkan pentingnya komunikasi antara orang tua dan anak
Baca juga: Orang tua disarankan jalin komunikasi cegah anak kecanduan gim
Baca juga: Komunikasi sekolah-orang tua kunci cegah penculikan anak

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023