Jakarta (ANTARA) - Pelatih Barcelona Xavi Hernandez yakin tim asuhannya semakin dekat dengan tangga juara Liga Spanyol setelah meraih kemenangan dari Elche dengan skor 4-0.

Di laga yang di helat di Estadio Martinez Valero, Minggu itu Barcelona menang meyakinkan lewat gol Robert Lewandowski (2), Ansu Fati (1), dan Ferran Torres (1).

Kemenangan ini membuat Blaugrana sementara unggul 15 poin dari Real Madrid di posisi kedua serta membuat Xavi semakin yakin gelar juara La Liga ke-27 Barcelona semakin dekat.

Baca juga: Lewandowski cetak brace, Barcelona hajar Elche empat gol tanpa balas

“Kami telah mengambil satu langkah lagi (menuju juara), kami semakin dekat. Kami telah menunjukkan bahwa kami adalah satu kesatuan,” kata Xavi dilansir dari Livescore.

Mantan pelatih Al Sadd itu juga memuji kinerja anak-anak asuhnya yang tampil brilian selama 90 menit pertandingan.

Dalam laga tersebut, Barcelona tampil dominan dengan mencatatkan 60 persen penguasaan bola, enam tendangan tepat sasaran, dan dua tendangan melenceng dari sasaran.

"Ini adalah malam yang menyenangkan. Itu pertandingan yang sangat bagus, dari awal hingga akhir. Kami memiliki tim dengan pemain yang tidak terlalu banyak berpartisipasi. Tapi mereka tampil di level tinggi. Ini adalah sebuah tim,” kata Xavi memuji kinerja para pemainnya.

Baca juga: Barcelona bakal renovasi Spotify Camp Nou musim depan

Dalam kesempatan yang sama, pelatih kelahiran 25 Januari 1980 itu juga memuji penampilan Ansu Fati yang belakangan ini namanya ramai karena komentar soal menit bermain yang diutarakan ayahnya.

“Ansu membuat perbedaan. Itu membuatnya kelelahan, tetapi dia telah melakukan pekerjaan yang hebat untuk tim. Golnya datang karena etos kerja dan bakatnya,” puji Xavi.

Di laga melawan Elche, pemain tim nasional Spanyol itu bermain selama 84 menit dengan statistik dua kali tendangan, 81,3 persen passing success, dan satu gol.

Xavi mengatakan akan memberikan garansi menit bermain yang lebih banyak jika pemain nomor punggung 10 Barcelona itu tampil baik seperti melawan Elche.

"Dia memiliki itu, dan itu akan keluar. Jika dia terus bekerja seperti ini, dia akan bermain lebih sering,” pungkas Xavi.

Baca juga: Javier Tebas: Barcelona tidak bisa beli pemain baru di musim panas

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023