berkomitmen untuk selalu berkontribusi dalam rangka menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul
Buleleng (ANTARA) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali mengajak lulusan perguruan tinggi pendidikan tenaga pendidikan terbesar di Indonesia bagian timur tersebut untuk adaptif terhadap perubahan menghadapi perkembangan era teknologi saat ini.

"Undiksha berkomitmen untuk selalu berkontribusi dalam rangka menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, kompeten, dan berkarakter Pancasila dalam rangka mewujudkan Indonesia yang lebih baik ke depan," kata Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd pada wisuda ke LXX, Undiksha.

Pada siaran pers yang diterima ANTARA di Buleleng, Minggu, Rektor Undiksha mengatakan pada wisuda ke LXX, Undiksha menamatkan sebanyak 769 lulusan dari jenjang pendidikan D3, S1, S2, dan S3. Dari jumlah tersebut, 47 orang diantaranya adalah Sarjana Kedokteran.

Jampel juga menyampaikan, sebagai perguruan tinggi, Undiksha saat ini sedang berbenah untuk selalu meningkatkan kualitasnya, baik dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Selama studi, para lulusan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, teknologi, dan nilai-nilai hidup, dengan harapan agar mampu memperoleh pekerjaan yang layak serta mampu menciptakan lapangan kerja, terus termotivasi untuk meningkatkan kualitas dirinya, serta bermanfaat dan bernilai guna bagi keluarga dan masyarakat.

"Kami berharap para lulusan ini dapat dengan sukses mengarungi tahapan-tahapan pembentukan SDM unggul berikutnya, baik pada jenjang pendidikan selanjutnya maupun di dunia kerja," ujar dia.

Baca juga: Universitas Pendidikan Ganesha deklarasi sebagai kampus siaga bencana
Baca juga: Undiksha lepas mahasiswa Praktik Lapangan Persekolahan ke luar negeri

Para lulusan itu juga diharapkan dapat menjadi sosok yang tangguh, yang siap menghadapi dan mengatasi masa depan yang rentan cepat berubah. Oleh karena itu, perlu untuk terus mengembangkan dan menguasai keterampilan.

Selain kompetensi teknologi, keterampilan lainnya adalah memiliki pemikiran kritis. Dengan memperoleh gelar sarjana, magister, atau doktor, harus mengutamakan diri sebagai mind of analysis.

Selain itu harus meningkatkan kreativitas. Para lulusan harus bisa mengubah sesuatu yang bernilai rendah menjadi sesuatu yang memiliki nilai tinggi.

"Jadi kreatifitas yang mereka dapat saat perkuliahan mungkin bisa mereka gunakan di stakeholder yang lain," ungkapnya.

Keterampilan lain yang ditegaskan adalah kolaborasi dan komunikasi. Apabila hal itu bisa dikuasai, menurut Jampel mereka akan bisa menghadapi tiap tantangan di masa depan.

​​​​​​Ia menambahkan, dalam perjalanannya, berbagai prestasi berhasil diraih oleh Undiksha, baik berkaitan dengan tata kelola kelembagaan dan secara khusus berkaitan dengan bidang akademik dan non-akademik.

Raihan ini dinilai tidak lepas dari dukungan dan peran para lulusan. Rektor berharap semangat berprestasi dapat terus tumbuh untuk mewujudkan Undiksha sebagai trend-setter dan International Reputable University dan mewujudkan visi "Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia pada Tahun 2045.

Baca juga: Undiksha Singaraja latih mahasiswa kesiapsiagaan hadapi bencana

Pewarta: IMBA Purnomo/Naufal Fikri Yusuf
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023