Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Oesman Sapta Odang menyatakan organisasinya fokus pengembangan perekonomian untuk sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"UMKM ini penting untuk menyelamatkan ekonomi nasional," kata OSO, sapaan akrab Oesman Sapta Odang, saat membuka Rapat Pleno I Gebu Minang di Jakarta, Rabu.

Dia menegaskan pengembangan sektor UMKM merupakan salah satu program kerja selama kepemimpinannya di Gebu Minang.

Dia juga berharap Gebu Minang ikut berkontribusi dalam membangun ekonomi nasional dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Kami akan melakukan pengembangan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan dan pada dasarnya mendukung kebijakan negara dalam membangun bangsa ini untuk kehidupan rakyat Indonesia," katanya menegaskan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Gebu Minang Alirman Sori mengatakan organisasinya bakal memberikan kemudahan kepada masyarakat Minang yang ingin berwirausaha, terutama dalam pemberian modal.

"Kami akan optimalkan koneksi dan relasi usaha dilakukan masyarakat Minang, dan kami sudah punya pengalaman dalam bidang itu," katanya.

Menurut dia, sudah ada beberapa kelompok UMKM binaan di bawah Gebu Minang dan sedang tahap pengembangan.

Beberapa waktu lalu, Oesman Sapta Odang kembali terpilih secara aklamasi memimpin DPP Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang periode 2022 hingga 2027 dalam Musyawarah Nasional VII di Kota Padang, Sumatera Barat, 25-27 Mei 2022.

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023