Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin dan tanah longsor
Balikpapan (ANTARA) - Sebanyak tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Kamis-Jumat (9-10/3), sedangkan daerah lainnya hujan ringan hingga hujan sedang.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin dan tanah longsor, sehingga semua pihak harus waspada," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Rabu.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sedangkan tujuh daerah (kabupaten/kota yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut adalah Kabupaten Kutai Barat, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Rinciannya di Kabupaten Kutai Barat pada Kamis sekitar pukul 11.00 Wita, hujan lebat di Kecamatan Bongan, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Baca juga: Enam wilayah di Kaltim diprakirakan hujan petir pada Senin-Selasa

Pukul 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Bentian Besar dan Siluq Ngurai, sedangkan 14 kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan.

Kemudian pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Damai, Long Iram, dan Linggang Bigung, sementara kecamatan lainnya hujan ringan hingga hujan sedang.

Di Kota Bontang, pada Kamis sekitar pukul 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada tiga kecamatan, yakni Bontang Utara, Bontang Barat, dan Bontang Selatan, di luar jam tersebut cuaca cerah.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Kamis pukul 11.00 Wita, hujan petir diprakirakan hanya terjadi di Kecamatan Tabang, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hanya hujan ringan sampai Jumat dini hari.

Kabupaten Mahakam Ulu pada Kamis pukul Kamis sekitar pukul 17.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di dua kecamatan, yakni Long Apari dan Long Pahangai, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

"Kamis pukul 23.00 hingga Jumat pukul 02.00 dan 05.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Laham dan Long Hubung, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan," kata Heni.

Baca juga: Semua daerah di Kaltim diprakirakan hujan petir pada Sabtu-Minggu

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat disertai petir landa Kaltim di Senin-Selasa


 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023