Jakarta (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim berhasil menyalurkan kredit senilai Rp46,19 triliun selama tahun 2022.

Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Bank Jatim, Edi Masrianto serta Direktur IT & Digital Zulhelfi Abidin dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, menjelaskan kredit tersebut tumbuh 8,06 persen year on year (yoy) dari sebelumnya sebesar Rp42,75 triliun pada tahun 2021.

Pihaknya menjelaskan peningkatan penyaluran kredit Bank Jatim terjadi pada seluruh segmen, diantaranya kredit sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengalami peningkatan 26,24 persen yoy atau tercatat Rp6,34 triliun hingga akhir 2022.

"Kemudian, kredit komersial meningkat 7,02 persen yoy atau tercatat Rp11,20 triliun, serta kredit sektor konsumsi meningkat signifikan, yang mana tumbuh 5,11 persen yoy atau tercatat Rp28,65 triliun," tambahnya.

Zulhelfi menjelaskan pertumbuhan signifikan kredit pada sektor UMKM ditopang oleh penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mencapai Rp 104,6 miliar selama tahun 2022.

Menurut dia, kinerja tersebut menunjukkan keberhasilan perseroan dalam mendukung program pemerintah dalam peningkatan UMKM melalui program KUR.

Dilihat dari kualitas kreditnya, kredit sektor UMKM juga terlihat bagus dengan komposisi NPL terendah yaitu 0,60 persen dibandingkan dengan sektor lainnya.

Lanjut dia, pertumbuhan penyaluran kredit Bank Jatim diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman, terlihat dari rasio Loan At Risk (LAR) yang melandai di angka 4,81 persen pada 2022, dari sebelumnya 6,57 persen pada tahun 2021.

Selain itu, rasio Non Performing Loan (NPL) Gross Bank Jatim juga ikut menurun di angka 2,83 persen, berbanding 4,48 persen pada tahun sebelumnya (yoy).

Pihaknya menjelaskan penurunan rasio NPL dan LAR tersebut menunjukkan bahwa kualitas kredit Bank Jatim menjadi semakin sehat dan menjadi tanda adanya recovery dari beberapa sektor ekonomi.


Baca juga: Bank Jatim berencana akuisisi 15 persen saham Bank NTB Syariah
Baca juga: Sri Mulyani sebut kredit UMKM dari perbankan RI masih sangat rendah
Baca juga: Bank Jatim raup laba bersih Rp1,2 triliun pada kuartal III-2022

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023