Jakarta (ANTARA) -
​Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mendorong Komisi Aparatur Sipil Negara untuk berkolaborasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga dalam mewujudkan reformasi birokrasi.
 
Azwar Anas saat memberikan pidato dalam acara Refleksi 9 Tahun KASN dan Resolusi 2023 di Kantor KASN, Jakarta, Senin, mengatakan kementerian dan lembaga tersebut adalah Kementerian PAN-RB, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kementerian Dalam Negeri.
 
"Saya mendorong KASN melakukan kolaborasi dengan Kementerian PAN-RB, LAN, BKN, dan Kemendagri. Ini menjadi poin pertama. Saya kira nanti bisa diwujudkan mulai dari indeks dan lain-lain," ucapnya.
 
Hal tersebut juga merupakan salah satu resolusi pada tahun 2023 yang dirumuskan oleh Azwar Anas untuk KASN sebagai mitra Kementerian PAN-RB dalam mewujudkan reformasi birokrasi di Tanah Air.

Selain berkolaborasi, ada pula enam resolusi lainnya yang disampaikan oleh Azwar Anas, yakni pertama, KASN didorong untuk melanjutkan upaya penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Berikutnya, KASN diminta untuk menjaga sinergi dengan Kementerian PAN-RB, BKN, dan LAN. "KASN juga dapat memberikan masukan-masukan terkait pelaksanaan sistem merit kepada Kementerian PAN-RB, BKN, dan LAN," tambah Azwar.
 
Selanjutnya, KASN didorong untuk mengantisipasi perubahan pelaksanaan seleksi terbuka di masa mendatang.

Kelima, KASN diminta ikut mengawal penerapan budaya kerja ASN yang berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif (AKHLAK) di seluruh instansi pemerintah.
 
Terakhir, KASN diminta mengantisipasi intervensi politik ataupun pelanggaran netralitas di tengah penyelenggaraan pemilihan umum. "Mudah-mudahan (enam resolusi tersebut) nanti bisa dieksekusi bersama-sama," harap Azwar.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023