New York (ANTARA) - Investor saham AS tidak bisa lebih bersemangat untuk membuka halaman pada 2022, tahun brutal yang memotong sekitar 8 triliun dolar AS dalam kapitalisasi pasar dari S&P 500 karena Federal Reserve melepaskan rentetan kenaikan suku bunga untuk melawan inflasi yang paling curam dalam 40 tahun.

Indeks S&P 500 kehilangan 19,4 persen untuk tahun ini dalam persentase penurunan tahunan terbesar sejak 2008. Pembantaian bahkan lebih parah untuk Indeks Komposit Nasdaq, yang anjlok 33,1 persen.

Korban yang menarik perhatian termasuk saham Amazon.com Inc yang pernah melonjak, terperosok hampir 50 persen tahun ini, sementara saham Tesla Inc jatuh sekitar 65 persen dan induk Facebook Meta Platforms Inc kehilangan sekitar 64 persen. Sementara itu, saham-saham energi melawan tren dengan membukukan keuntungan yang mencolok.

Inflasi, dan tingkat agresivitas Fed dalam upaya menahannya, kemungkinan akan tetap menjadi faktor penting yang mendorong kinerja ekuitas saat 2023 berlangsung. Tetapi investor juga akan mengamati dampak dari suku bunga yang lebih tinggi, termasuk bagaimana kebijakan moneter yang lebih ketat mempengaruhi ekonomi dan apakah itu membuat aset lain lebih kompetitif dengan saham.

Mungkin pertanyaan terbesar yang akan mengguncang saham saat tahun baru dimulai adalah apakah ekonomi sedang menuju resesi, seperti yang diperkirakan banyak investor.

Jika resesi dimulai tahun depan, saham dapat bersiap untuk penurunan lainnya: Bear market tidak pernah mencapai titik terendah sebelum dimulainya resesi, menurut data historis.

Resesi cenderung memukul saham dengan keras, dengan S&P 500 jatuh rata-rata 29 persen selama resesi sejak Perang Dunia Kedua, menurut Truist Advisory Services. Namun, penurunan tersebut biasanya diikuti oleh rebound yang kuat.

Investor juga khawatir bahwa perkiraan perolehan laba perusahaan mungkin tidak sepenuhnya memperhitungkan potensi perlambatan, meninggalkan lebih banyak kerugian bagi saham.

Konsensus perkiraan para analis pada minggu lalu memproyeksikan laba S&P 500 naik 4,4 persen pada 2023, menurut Refinitiv IBES. Namun laba turun dengan tingkat tahunan rata-rata 24 persen selama resesi, menurut Ned Davis Research, dikutip dari Reuters.

Kenaikan suku bunga The Fed telah mendorong imbal hasil obligasi dan menciptakan persaingan untuk ekuitas, terbang di hadapan lingkungan imbal hasil rendah yang mendominasi selama lebih dari satu dekade dan memunculkan akronim "TINA," atau “there is no alternative” (tidak ada alternatif) untuk saham.

Imbal hasil Treasury Inflation-Protected Securities (TIPS) 10 tahun - juga dikenal sebagai imbal hasil riil karena menghapus proyeksi inflasi - baru-baru ini mencapai sekitar 1,6 persen, setelah mencapai level tertinggi dalam lebih dari satu dekade pada Oktober.

Namun, beberapa investor mencatat bahwa saham bernasib baik di masa lalu ketika imbal hasil bahkan lebih tinggi.

Pada tahun lalu, value stocks - umumnya didefinisikan sebagai perdagangan dengan diskon metrik seperti nilai buku atau harga-terhadap-laba (PER) - bertahan lebih baik daripada saham teknologi dan saham pertumbuhan lainnya, membalikkan tren yang telah ada selama sebagian besar dekade terakhir.

Dengan imbal hasil yang lebih tinggi dan keraguan tentang pertumbuhan laba yang menekan saham teknologi dan pertumbuhan, pertanyaannya adalah apakah nilai - yang lebih banyak diwakili oleh kelompok keuangan, energi, dan defensif - dapat bersiap untuk tahun kinerja yang lebih baik lagi.

Lonjakan dolar terhadap mata uang lain tahun ini merugikan laba banyak perusahaan AS, membuatnya lebih mahal bagi perusahaan multinasional untuk mengubah laba mereka kembali menjadi mata uang asal mereka.

Greenback telah memangkas sebagian dari kenaikan tersebut dalam beberapa pekan terakhir dan pembalikan lanjutan akan bergantung sebagian pada persepsi investor tentang seberapa hawkish Fed akan relatif terhadap bank-bank sentral global lainnya.

Baca juga: Wall St akhiri 2022 dengan penurunan tahunan terbesar sejak 2008
Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, bersiap akhiri tahun dengan lebih rendah
Baca juga: Saham Asia dibuka naik, pasar temukan pijakan optimis di akhir tahun

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022