Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Kamis (22/12), mulai dari Menkopolhukam Mahfud MD tegaskan asing tak boleh memiliki pulau di Indonesia hingga Jokowi terima kunjungan kenegaraan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA:

Mahfud tegaskan asing tak boleh memiliki pulau di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan warga negara asing tidak boleh memiliki tanah atau pulau di Indonesia.

"Semua tanah di bumi Indonesia hanya boleh dimiliki oleh warga negara Indonesia (WNI). Berdasarkan Undang-Undang Dasar (1945, Red), bumi, air dan kekayaan alam dikuasai oleh negara, dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, yaitu diatur tentang hak penggunaannya," kata Mahfud dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Wapres: Penghentian PPKM melihat dampak libur Natal dan tahun baru

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan melihat dampak dari perayaan libur Natal dan tahun baru.

“Memang kelihatannya di Indonesia terus menurun ya, walau ada varian-varian baru. Jadi sudah mulai ada keinginan untuk menghentikan PPKM, artinya normal kembali, tetapi masih harus dilihat nanti dampak dari Natal dan tahun baru ini,” ujar Wapres, usai membuka Konferensi Islam Tingkat ASEAN ke-2, di Bali, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Iriana beri semangat para ibu terus berdaya bagi keluarga

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyampaikan pesan semangat kepada para ibu untuk terus berdaya bagi keluarga dan masyarakat, bertepatan dengan peringatan Hari Ibu ke-94, Kamis.

"Saya senang melihat semangat ibu-ibu di Pasar Sukolilo Madiun dan Pasar Rejoso Nganjuk. Sudah dari pagi, mungkin subuh, para perempuan tangguh ini sudah bekerja dan melakukan aktivitas," kata Iriana dalam video yang ditayangkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, seperti dipantau di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Puan sebut DPR sedang perjuangkan RUU KIA

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan DPR saat ini sedang memperjuangkan Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) untuk mewujudkan rasa aman dan tenteram bagi ibu dan anak.

DPR RI terus berupaya mewujudkan kesejahteraan ibu, baik lewat legislasi, pengawasan kebijakan pemerintah, maupun dukungan anggaran, kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


Jokowi terima kunjungan kenegaraan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Sosialis Vietnam Nguyễn Xuân Phúc di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis.

Presiden Nguyễn Xuân Phúc bersama delegasi terbatas tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Kepala Pemerintahan Vietnam tersebut turut diiringi oleh Pasukan Satria Nusantara, Pasukan Berkuda, dan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022